Cara Menjaga Rumah Tetap Sehat dan Nyaman dari Binatang Peliharaan

binatang peliharaan

Rumah sehat dan nyaman merupakan dambaan setiap orang. Tidak peduli apakah bentuknya besar dan luas atau kecil sederhana, tetap bersih selalu rapi adalah keinginan yang tak bisa ditawar. Sebab selain memberi rasa nyaman, rumah yang dalam keadaan demikian akan terhindari dari berbagai masalah penyakit yang disebarkan melalui kuman dan bakteri.

Bagi yang tidak memelihara binatang kesayangan, keadaan tersebut sudah tentu mudah didapatkan. Namun bagaimana dengan mereka yang menggemari jenis hewan tertentu yang bentuknya unik dan lucu?

Tips Rumah Tetap Sehat Dan Nyaman Meski Punya Binatang Peliharaan


1. Gunakan peralatan khusus untuk membersihkan bulu

Semua peralatan kebersihan rumah memang bagus jika dimiliki. Akan tetapi bagi yang punya hewan kesayangan, memilih yang bisa diefektifkan membersihkan bulu itu penting sekali. Karena pada kenyataannya, melenyapkan bulu yang sudah tercecer entah itu di lantai ataupun di sofa untuk sulit! Apalagi bila materialnya berbahan beludru, tambah menyulitkan lagi.

2. Menjaga kebersihan hewan

Mulailah dengan memperhatikan hewan peliharaan. Rawatlah secara rutin terutama masalah kebersihan badannya. Lakukan groming secara berkala. Cukur bulu yang tidak rapi. Gunakan shampo khusus untuk merawat tubuhnya. Sedapat mungkin jangan sampai ia sakit, karena ini berpotensi juga menyerang fisik orang yang memelihara.

3. Menjaga kebersihan kandang

Kandang menjadi pusat utama yang harus dibersihkan pertama kali. Mengapa? Karena di tempat ini sarang bau tidak sedap bersemayam. Jadi harus dikerjakan dengan teliti dan benar-benar bersih. Jangan sampai ada kotoran yang tercecer. Sampah makanan dan sebagainya.

4. Beri dia tempat beristirahat 

Terkadang hewan juga butuh, gerak supaya aliran darahnya lancar seperti manusia. Anda dapat menyediakan lokasi yang nyaman yang letaknya di samping atau di sudut halaman rumah. Beri alas handuk yang sudah tak terpakai. Supaya mereka nyaman, ngadem di sana. Itu akan menghemat tenaga ketika nanti membersihkan rumah.

5. Singkirkan segera bau tidak sedap

Bila merasa sudah mencium aroma tidak sedap di sekitar rumah, segera cari sumber asalnya selanjutnya segera bersihkan. Buka jendela dan pintu. Biarkan sirkulasi udara lancar kembali. Jangan biarkan keadaan tersebut berlangsung lama, bila tidak ingin seluruh anggota keluarga terganggu kesehatannya.



6. Rawat teratur tempat makan hewan

Sisa-sisa makanan yang tercecer di wadah menjadi sarang bakteri dan kuman datang. Tidak hanya peralatan makan manusia saja yang perlu dibersihkan. Pada binatang kesayangan juga sama. Jangan sampai terlewat saat membersihkan rumah. Selain dapat menghindari kuman penyebab penyakit juga akan terhindar dari bau kurang sedap dari makanan yang tidak termakan ini.

7. Mencuci pakaian hingga bersih

Merawat hewan peliharaan harus siap dengan risiko bersinggungan dengan masalah kesehatan. Oleh sebab itu, Anda perlu tetap waspada menjaga kesehatan diri sendiri. Misalnya dengan mencuci pakaian hingga benar-benar bersih. Kemudian menyeterika, meletakkan ke dalam lemari pakaian yang tertutup rapat.

8. Rutin membawa ke dokter hewan

Dokter hewan dipilih untuk mendeteksi kesehatan hewan peliharaan. Dari sana akan terpantau secara tepat, apakah binatang berada dalam kondisi sehat ataukah sakit. Kerjakan secara rutin. Baik hewan dalam keadaan sehat ataupun sakit.

9. Memberikan vitamin

Sama seperti manusia, binatang juga perlu asupan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Berikan secara teratur. Bisa dicampur pada makanan atau minumannya.

10. Memilih secara selektif bahan makanan hewan yang berkualitas dan sesuai

Harus Anda ingat, bahwa tidak semua bahan makanan yang beredar di pasaran baik untuk tubuh hewan Anda di rumah. Beberapa bahkan bisa memicu mereka bermasalah dengan kesehatannya. Misalnya diare ataupun muntah. Bulu-bulu rontok dan sebagainya. Oleh sebab itu, perhatikan secara lebih teliti lagi, saat memberikan bahan makanan tadi. Ukur sesuai kebutuhannya.

11. Selalu bersihkan rumah

Memang berisiko merawat hewan di rumah. Namun jika ini sudah menjadi kegemaran, maka jalan satu-satunya tetaplah selalu menjaga kebersihan rumah. Jangan abai. Begitu lantai rumah atau perabotan mulai terindikasi bulu-bulu binatang, dibiarkan saja. Usahakan selalu menjaga kebersihan, baik Anda, binatang dan lingkungan tempat tinggal.

12. Jaga selalu kesehatan Anda

Paling akhir dan paling penting adalah jaga diri dan kesehatan Anda juga anak-anak. Konsumsilah makanan bernutrisi. Bersihkan bahan makanan sebelum dimasak. Cuci bersih bahan mentah seperti buah-buahan segar dan aneka sayur, bila hendak dibuat lalapan atau salad.

Demikian penjelasan singkat mengenai Tips Rumah Tetap Sehat Dan Nyaman Meski Punya Binatang Peliharaan. Semoga yang sedikit disampaikan pada artikel ini, dapat memberi manfaat bagi Anda.

Jangan lupa, tetap lindungi diri sendiri dan orang-orang terkasih Anda dari hewan peliharaan. Jangan sampai niatnya untuk hiburan, justru berujung petaka. Sebab kurang waspada pada hal apapun terkait memelihara hewan kesayangan ini.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjaga Rumah Tetap Sehat dan Nyaman dari Binatang Peliharaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel