7 Cara Tepat Mendidik Anak Remaja Perempuan Era Digital


Anak perempuan adalah calon wanita dewasa di masa yang akan datang. Dia akan berperan sebagai istri bagi suaminya sekaligus ibu buat anak-anaknya kelak. Sebagian orang berpendapat bahwa mendidik anak perempuan itu berat. Sebab bila salah sedikit, orang tua akan dihadapkan persoalan pelik rumitnya masalah norma yang berlaku dalam masyarakat.

Suka tidak suka, meski zaman sudah mulai berubah menjadi lebih canggih, akan tetapi masalah etika dan nilai-nilai luhur budaya ketimuran, sampai kapanpun tak akan pernah berubah. Dibandingkan dengan laki-laki, perempuan lebih banyak mengalami krisis mental, bila berhubungan dengan emosi.

Cara Tepat Mendidik Anak Remaja Perempuan 

Memang tak ada sekolah khusus orang tua terkait cara mendidik putrinya ini. Masing-masing individu bisa dipastikan menerapkan metode sendiri-sendiri. Tapi bukankah zaman sudah berubah? Mempertahan sikap otoriter hanya akan memperkeruh keadaan dan berakhir penyesalan. Menciptakan  beban baru bagi si anak perempuan. 

Dan berikut cara tepat orang tua memulai :

1. Mengajarkan tentang tata krama

Anak gadis selalu identik dengan sesuatu yang beraroma tabu. Tidak perlu menekan anak harus menuruti kemauan orang lain ataupun orang tua, tapi minimal dia tahu cara menghormati dirinya sendiri. Memberi pengertian bahwa segala sesuatu yang menjadi tingkah lakunya pasti mendapat perhatian di lingkungan sekitar. Oleh sebab itu mereka perlu menjaga sikap dan perilkunya dengan baik. 

2. Mengajarkan mereka untuk mencintai dirinya sendiri

Setiap anak pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagai orang tua, Anda dituntut untuk bisa membaca keadaan tersebut. Mengarahkan mereka mencintai kelebihannya, melupakan segala kekurangannya. Meyakinkan bahwa penampilan memang penting, tapi itu bukan hal utama bisa diterima dalam sebuah hubungan. Semisal anak yang memiliki kelemahan masalah fisik, lalu berdandan guna menutupi kekurangannya tersebut. Adalah sah melakukan selama tidak berlebih dan dalam batas kewajaran. Tidak mempermalukan diri sendiri. Sebab walau bagaiamanapun urusan dandan memang dunia mereka.

3. Menemaninya saat menghadapi masalah

Sebagai orang tua jangan sibuk sendiri. Sama seperti orang dewasa, anak gadis Anda juga pada suatu masa akan mengalami masalah. Baik dengan dirinya sendiri, maupun dengan orang-orang di sekitar mereka, temasuk juga Anda selaku orang tuanya. Beri pelukan dan perhatian. Temani mereka saat mengalami situasi sulit. Jangan menghakimi atau menyalahkan sekalipun memang benar mereka melakukan kesalahan. Katakan pada mereka, mereka tak akan selamanya bisa menyenangkan orang lain. Mencintai diri sendiri itu adalah hak yang harus dia suarakan, dan orang lain perlu mengetahui. 

4. Mendukung cita-citanya 

Dapat dilakukan dengan orang tua memberi kesempatan pada si anak perempuan, untuk menyatakan pendapatnya. Mendukung apa yang menjadi mimpinya, selagi tidak merugikan dirinya sendiri maupun orang sekitar. Mendorongnya untuk lebih maju dan sukses. Bukan justru mengentahkan harapannya, yang berujung dia putus asa dan menarik diri dari Anda.



5. Mengajarkan tentang kebersihan

Menjaga kebersihan menjadi kewajiban semua anak, terutama bagi anak perempuan. Harus lebih baik daripada anak lelaki. Karena akan manjadi ibu nantinya. Bila ia ceroboh, bagaimana merawat anak-anaknya kelak? Baju dan rumah yang bersih dan rapi, akan meminimalisir kuman dan bakteri datang bersarang ke tubuh dan rumah. Sehingga akan menjamin kesehatan para penghuninya kelak. 

Bayangkan jika Anda sebagai orang tua tidak pernah mengingatkan hal ini pada anak-anak gadis Anda, apa yang akan terjadi? Besar kemungkinan mereka akan bersitegang dengan suaminya nanti dan ibu mertuanya, sebab tidak tahu menjaga kebersihan. Hal sepele namun bila diabaikan, akan merugikan diri si anak jika sudah dewasa dan ibunya sendiri. Menjadi bahan olok-olokan tetangga dan besan, karena mempunyai anak gadis tak mengerti kebersihan. 

6. Mengajari memasak

Sama seperti tentang kebersihan, memasak juga menjadi bagian penting kehidupan wanita selanjutnya di masa yang akan datang. Ibu bisa mengajari sedari dini. Mengenalkan mereka pada urusan dapur. Agar nantinya diharapkan bila suatu saat dia dipinang pemuda, sudah tidak canggung lagi ketika mengerjakan pekerjaan dapur.

7. Mengajari anak hidup mandiri

Dapat berupa mengarahkan pada bakat atau hobi yang merupakan kelebihannya. Sebagai orang tua, apapun kegemaran anak gadis Anda, cobalah memahami dari sudut pandang mereka. Daripada harus marah-marah dan beda pendapat, lebih baik Anda mencari tahu mengenai kesenangan mereka itu. Ubahlah pandangan pikiran negatif Anda menjadi positif. Anda bisa membaca lewat buku atau sumber-sumber lain terpercaya. Dukung hingga menjadi skill hebat, yang kelak suatu saat nanti dapat mereka gunakan untuk mempermudah jalan masa depannya dalam meraih cita-cita.

Sebetulnya tidak berat mendidik anak perempuan, selama orang tua mampu membaca karakternya dan mau berusaha memahaminya. Sebab zaman sudah tidak seperti dulu lagi. Bila kurang berhati-hati, orang tua yang rugi demikian pula anak.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Tepat Mendidik Anak Remaja Perempuan Era Digital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel