8 Cara Tepat Meningkatkan Kecerdasan Otak Setiap Hari

Memiliki otak cerdas menjadi sebagian keinginan manusia. Apalagi bila pekerjaan sehari-hari menuntutnya demikian. Misalnya seorang penulis. Tapi bukan mereka saja yang berprofesi demikian, orang-orang yang bergelut pada bidang bisnis atau profesi lain juga sama saja. Otak atau pikiran menjadi andalan penting manusia, dalam menyelesaikan suatu masalah. 

Seiring bertambahnya usia dan pengaruh buruk stres, kemampuan otak juga bisa menurun. Namun Anda tidak perlu merasa cemas. Berikut ini tips meningkatkan kecerdasan otak setiap hari yang langsung bisa Anda praktikan di rumah.  


Cara Tepat Meningkatkan Kecerdasan Otak Setiap Hari


1. Rajin membaca

Membaca masih dipercaya menjadi cara paling ampuh meningkatkan kecerdasan otak setiap hari. Untuk membuat otak semakin terisi, pilihlah jenis bacaan yang dapat membuka wawasan Anda. Menambah ilmu pengetahuan dan mendukung ketrampilan, yang sebelumnya telah Anda miliki. 

Selain dari buku-buku ataupun majalah serta koran, yang tak kalah penting Anda dapat mencari sumber bacaan melalui internet. Situs-situs portal ataupun blog-blog pribadi seorang penulis. Di sana mereka biasanya senang membagikan ilmu dan pengalaman secara gratis. Manfaatkanlah sebaik mungkin. Demi keberhasilan hidup Anda di masa datang.

2. Langsung praktik

Di samping membaca, menonton televisi  atau youtube juga bisa. Di sana juga banyak digelar berbagai ilmu-ilmu gratis. Dan langkah selanjutnya adalah segera praktikkan jangan menundanya. Belilah alat atau bahan pendukung. Terus pelajari hingga benar-benar berhasil.

3. Berteman dengan orang-orang cerdas

Selain belajar sendiri, Anda juga bisa belajar dari orang-orang di sekitar Anda yang disebut teman. Sama seperti buku yang Anda baca ataupun internet (youtube) biasanya orang-orang ini ketika telah menjadi sahabat kita, tidak pelit ilmu. 

Tanpa diminta, kadang secara cuma-cuma menuntun Anda sampai pintar. Mengajari dan memberikan pengalamannya kepada Anda. Oleh karena itu, selektiflah memilih pertemanan. Cari orang yang bisa membuat Anda menjadi lebih baik lagi dalam segala hal. 

4. Berusaha berpikir positif

Pikiran positif juga mempunyai pengaruh kuat meningkatkan kecerdasan seseorang. Bayangkan bila perasaan Anda buruk, tentu sedikit banyak akan berpengaruh daya pikir otak bukan? 

Karenanya, berusahalah memandang suatu permasalahan hidup dari sisi positif. Berjuanglah untuk tidak merasa tertekan atau stress, sekalipun Anda sedang dihadapkan pada persoalan rumit dan tidak menguntungkan dalam hidup. Lalu carilah jalan keluar secepatnya, supaya hati tetap bahagia tanpa tekanan apapun.

5. Istirahat teratur

Sama seperti tubuh, otak juga perlu istirahat teratur guna mengembalikan staminanya. Tidur cukup dan bangun tepat waktu merupakan rutinitas yang sebaiknya jangan sampai Anda tinggalkan. Meskipun pekerjaan banyak dan tak bisa ditinggal. Waktunya istirahat, ya tetap dimanfaatkan untuk beristirahat. Tidak digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Sebab semua ada waktunya sendiri-sendiri.

6. Rajin melakukan olahraga

Olahraga di samping berfungsi melancarkan peredaran darah dan metabolisme tubuh sehingga bisa meminimalisir datangnya suatu penyakit, juga efektif meningkatkan kecerdasan otak. Pilihlah jenis-jenis olahraga yang dapat mendukung kemampuan otak, atau bisa pula digabungkan keduanya. Misalnya olahraga catur dengan lari atau senam. 

Buat permainan bersama teman atau anggota keluarga lain. Misalnya orang yang kalah bermain catur, hukumannya harus senam ataupun lari mengitari lapangan. Bukankah ini bukan ide buruk untuk Anda tiru? Otak bisa cerdas, tubuh juga bisa sehat. Sebab melakukan olahraga yang menguras tenaga dan keringat. Termasuk juga bermain game-game menarik yang berkaitan erat dengan kecerdasan otak.

7. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi 

Makanan bernutrisi, juga bisa memicu meningkatkan kecerdasan otak seseorang. Seperti yang banyak mengandung zat dan mineral penting. Seperti ikan salmon, teri, daging, telur, keju dan lain sebagainya. Termasuk sayuran dan buah-buahan segar. Jangan lupa penuhi kebutuhan air dalam tubuh dan otak dengan rutin minum air putih. Hindari pula mengonsumsi jenis-jenis makanan yang kurang sehat misalnya fastfood ataupun junkfood. 

8. Berusaha menghadapi ketakutan dan menahklukkannya

Wajar, memiliki rasa takut dan ragu akan sesuatu yang sama sekali belum pernah Anda coba. Namun untuk dua hal tersebut, tak ada salahnya untuk berani menghadapi dan menahklukkannya.
Mungkin terdengar mustahil dan sulit Anda kerjakan. Yang terbayang di hati bisa jadi kegagalan. Tapi bukankah selama ini Anda sendiri secara berani belum pernah mencoba? Karenanya, cobalah! Dan Anda akan merasa takjub dengan hasilnya.

Pengaruh usia dan tekanan hidup seharusnya tak akan mempengaruhi kecerdasan otak Anda. Selama ada mindset Anda benar. Memandang segala sesuatu dari nilai positif bukan keburukan dan kesialan. Sebab pada kenyataannya, di luar sana masih banyak sekali orang-orang cerdas yang kemampuannya tak pernah termakan usia. Kalah oleh beban dan tekanan hidup.

Mereka tetap asyik-asyik saja berkerja dan berkarya. Anda pun bisa melakukannya seperti mereka, asal mau berusaha!

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Tepat Meningkatkan Kecerdasan Otak Setiap Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel