11 Fakta Menarik Tentang Kucing

fakta kucing

Siapa sih yang tidak kenal kucing. Hewan lucu nan menggemaskan ini sudah lama dikenal sebagai hewan yang sering dipelihara manusia. Kucing disukai karena mempunyai banyak hal yang menarik seperti motif bulunya, karakternya,dan  ukuranya yang variatif. Selain itu kucing terkenal sebagai hewan yang setia terhadap majikanya.

11 Fakta menarik tentang kucing yang jarang diketahui orang

Berbicara tentang kucing ternyata ada banyak fakta menarik lho. Nggak jarang sebagaian orang belum mengetahui hal ini. dari pada penasaran mari kita simak ulasan berikut.

A. Kucing adalah Tukang tidur

Sebagian waktu yang dihabiskan kucing adalah tidur. Mereka melakukan hal tersebut bukan karena malas. Melainkan untuk menjaga cadangan energi. Jika energi sudah pulih kucing akan menggunakanya untuk berburu makanan atau bermain-main bersama majikanya. Dalam sehari kucing dapat tidur selama 16 Jam. Biasanya kucing akan beraktifitas pada awal pagi atau pada waktu menjelang sore. Menurut penelitian dari ilmuwan national geografi, kucing meniru perilaku singa dalam pembagian waktu aktif dan tidurnya.

B. Kemampuan pendengaran kucing

Hewan ini termasuk kedalam hewan yang memiliki kemampuan pendengaran yang baik. Jika anjing hanya mampu mendengar suara dalam jangkauan 67 Hz – 45 KHz sementara kucing mendengar suara antara 45 Hz – 64 KHz. Maka tak heran kucing bisa mendengar suara kaki melangkah atau getaran gempa bumi. Fungsi utama telinga kucing adalah untuk mendeteksi keberadaan mangsa atau predator. Jadi tak masalah bagi kucing untuk berburu saat gelap.

C. Peran Kumis pada kucing

Jangan anggap sepele keberadaan kumis pada kucing lho. Kumis membantu kucing dalam banyak hal. Misalnya saat melewati lorong-lorong sempit. Dengan kumis inilah kucing bisa tahu apakah ukuran tubuhnya bisa melewati lorong itu atau tidak. Selain itu kumisnya juga bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan dan kecepatan buruanya. Hal ini bisa terjadi karena kumis kucing sensitive terhadap perubahan suhu dan bau-bauan.

D. Kemampuan Kucing saat terjatuh

Kucing dikenal sebagai hewan yang jago meloncat atau memanjat medan-medan yang tinggi bagi manusia. Jikalau terjatuh kucing tidak akan terluka karena mempunyai kemampuan khusus. Pernah dengar kucing terjatuh dari lantai tinggi tapi kondisinya tidak apa-apa. Itu bukanlah isapan jempol belaka. Saat terjatuh kucing secara otomatis akan mengatur posisi tubuhnya dan memperlambat gerakan jatuhnya saat menyentuh tanah. Kombinasi dua hal tersebutlah yang membuat kucing jarang terluka saat terjatuh.



E. Kucing memahami Perasaan manusia

Jika ditanya hewan yang bisa mengerti perasaan manusia kucing adalah salah satunya. Ini menjadi alasan kenapa hewan ini sangat digemari. Kucing adalah hewan yang cerdas, ia bisa memahami perasaan apa yang sedang dialami majikanya. Bahkan kucing bisa menjadi sahabat manusia. Bila anda memilih kucing sebagai peliharaan jangan sekali-kali melukainya karena kucing sejatinya memiliki perasaan. Bila ada menyayanginya kucing juga akan membalasnya.

F. Kemampuan Ginjal Kucing

Tidak masalah bagi kucing untuk meminum air laut. Ginjal kucing berperan sebagai penyaring yang akan memisahkan garam dari larutan air. Dengan kemampuanya ini kucing adalah hewan yang jarang terkena resiko dehidrasi.

G. Tanda Kucing Menyukai kita

Pernahkah kita didekati kucing lalu dia mendengkur, dan mengusapkan kepalanya pada bagian tubuh kita. itu adalah tanda kucing menyukai kita. kucing akan melakukan hal-hal tersebut terhadap orang yang membuatnya nyaman dan memeliharanya dengan tulus. mengingat hewan ini mempunyai perasaan. Bahkan kondisi tertentu kucing bisa saja menjadi penolong saat kita membutuhkan bantuan.

H. Kemampuan suara kucing

Kucing memiliki lebih dari 100 suara vocal “Meong” yang berbeda. Jadi saat kucing sedang mengeong sebenarnya kucing memcoba untuk menyampaikan sesuatu. Bisa jadi lapar, ingin bermain atau memanggil kawanan kucing lainya.

I. Indera Perasa Kucing

Tidak seperti manusia. Kucing tidak bisa merasakan rasa manis. Lidah kucing hanya akan merasakan dominan rasa gurih, asin, pedas ataupun pahit. Jadi jangan heran kalau kucing tidak suka permen, coklat, susu dan sejenisnya. Bahkan dalam kasus tertentu kucing bisa merasakan diare jika memakan zat manis berlebihan.

J. Kucing dan susu sapi

Memang benar susu merupakan salah satu bahan bernilai gizi tinggi. Tapi untuk kucing pemakainya harus diperhatikan. Kucing tidak mampu mencerna enzim amylase dan lactose yang terkandung dalam susu. Salah-salah malah kucing bisa terkena diare karena dua zat tersebut mengganggu sistem pencernaan kucing.

K. Penglihatan kucing

Mata kucing memang dikenal tajam. Mereka mampu menangkap mangsanya bahkan saat kondisi cahaya yang kurang mendukung. Ini terjadi mata kucing terdapat sel peka cahaya. Selain itu dalam retina kucing juga terdapat lapisan bernama tapetum lucidum. Yang berguna untuk menyesuaikan gelombang cahaya saat melihat objek gelap.

Nah itulah Fakta-fakta menarik dari kucing yang jarang diketahui orang. walaupun hanya sebatas hewan ternyata kucing memiliki hal-hal yang menakjubkan untuk diketahui. Mulai dari kebiasaanya, perasaanya, hingga kemampuan fisiknya yang menakjubkan.

Belum ada Komentar untuk "11 Fakta Menarik Tentang Kucing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel