6 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer

jenis kucing peliharaan
Banyak orang menyukai kucing, sifatnya yang jinak dan bersahabat menjadi daya tarik tersendiri untuk dipelihara. Terlebih kucing memiliki berbagai jenis ras, warna, ketebalan bulu dan sifat. Kucing juga bukan hewan sembarangan jika sudah mempunyai ikatan emosi yang kuat, kucing bisa menjadi sahabat setia untuk manusia.

Nah bagi kalian yang ingin memelihara hewan yang ramah dan mudah diajak bermain mungkin kucing bisa menjadi pilihan

6 Jenis Kucing Peliharaan yang populer

Berikut ini adalah Daftar Jenis-jenis Kucing peliharaan yang populer.

A. Kucing Persia

Sesuai dengan namanya kucing berasal dari daratan Persia atau sekarang disebut iran. Awal mulanya kucing ini bisa tersebar keseluruh dunia berawal dari tahun 1620. Ditahun tersebut seorang pengembara bernama Pietro Della Valle membawa kucing Persia di italia. Banyak orang akhirnya mengagumi keunikan kucing tersebut dan ingin memeliharanya.

Kucing Persia memiliki Ciri khas yang membuat banyak orang menyukainya. Seperti bulunya yang panjang dan halus membuatnya sangat enak untuk dielus-elus. Bentuk hidungnya yang pesek membuat kucing Persia memiliki mimic wajah yang lucu. Dan yang terakhir kucing Persia memiliki sifat yang bersahabat. Sifatnya kalem dan tidak suka menganggu majikanya merupakan nilai tambah. Kenapa si hidung pesek ini disenangi.

Info Tambahan: Kucing Persia memiliki 2 Jenis: Flat nose, atau peak nose. Dan untuk harganya berkisar antara: 500.000- 3.000.000

B. Kucing Anggora

Merupakan salah satu ras kucing Tertua didunia. dalam sejarahya kucing angora ditemukan diturki tepatnya dikota Ankara. Menjadi peliharaan raja-raja dan menjadi simbol kehormatan bagi yang memilikinya. Seiring berjalanya waktu kucing anggora menyebar menuju Persia, perancis dan Negara eropa lain. terutama setelah terjadinya perang salib dimana banyak para prajurit membawa kucing-kucing anggora dari turki menuju negerinya masing-masing.

Ciri khas yang dimiliki kucing anggora bila dilihat secara sekilas mirip dengan kucing Persia. Namun bila diteliti lebih dalam kedua kucing tersebut memiliki karakteristik berbeda. Kucing anggora merupakan kucing yang aktif senang bermain-bermain. Untuk itu bila anda ingin memeliharanya pastikan untuk meluangkan waktu untuk bersama dengannya. Dari segi fisik kucing anggora memiliki hidung yang mancung, berwajah segitiga, postur besar dan berbulu panjang.

Biasanya untuk seorang pemula memilihara anggora merupakan pilihan yang tepat. Karena sifatnya yang ramah, harganya yang terjangkau, perawatan yang mudah dan bulu yang indah.



C. Kucing Siam

Merupakan kucing berbulu pendek yang berasal dari negeri Thailand. Namanya mulai dikenal saat pemerintah Thailand memberikan hadiah kucing ini kepada duta besar inggris. Dari segi posturnya kucing siam memiliki ukuran yang hampir sama dengan kucing kampung yang membedakan adalah warna kucing siam yang homogen. Terdiri dari warna coklat kehitaman dan putih pucat.

Yang menarik dari kucing siam adalah mimik mukanya yang terkesan galak dan dingin terhadap siapapun. Walau begitu bukan berarti kucing ini tidak bisa dijinakan. Jika sudah akrab dengan kita kucing siam merupakan peliharaan yang setia.

Info tambahan: Harga kucing siam antara  250.000- 1500.000

D. Kucing Bengal

Kucing ini memiliki motif kulit yang bagus mirip seperti harimau. Kucing Bengal sebenarnya merupakan kucing liar yang tinggal dibelantara hutan. Namun sekarang sudah banyak orang melakukan penangkaran terlebih karena permintaan pasar akan kucing ini tinggi. Dari segi fisik kucing ini memiliki warna dominan coklat disertai totol-totol hitam, mempunyai warna mata biru menyala dan temasuk golongan kucing berpostur besar.

Kucing Bengal merupakan kucing aktif yang gemar berpetualang di alam. Mereka bahkan menyukai air dan dapat bermain-main denganya hingga bulunya basah. Hewan ini cocok buat anda yang membutuhkan hewan yang bisa diajak bersenang-senang.

Info tambahan: Kucing Bengal asli memiliki harga yang tinggi antara 10 sampai 50 Juta rupiah

E. Kucing Sphinx

Kucing yang berasal dari kanada ini dikenal sebagai kucing tanpa bulu. Namun sebenarnya mereka memiliki bulu-bulu tipis yang  tumbuh dibeberapa bagian tubuhnya. Sempat dikira kucing aneh saat pertama kali kelahiranya. Namun sekarang kucing tersebut diburu oleh para kolektor karena penampilanya mirip sekali dengan kucing yang dimiliki oleh ratu mesir. Karena fakta tersebutlah kucing tak berbulu ini dinamai sphinx.

Dalam perawatanya kucing sphinx memang memerlukan perawatan khusus.  Anak sphinx yang baru lahir rentan terkena infeksi pernafasan. Untuk itu memberikan imunisasi adalah hal yang tidak boleh dilupakan saat anda ingin memelihara kucing ini.

Info tambahan: Kucing sphinx memiliki harga yang lumayan tinggi antara 5-25 Juta.

F. Kucing Maine Coon

Dikenal sebagai jenis kucing tertua didunia. kucing ini berasal dari dataran maine, amerika serikat. Memiliki ciri khas tubuhnya yang besar disertai bulu-bulunya yang panjang. Bentuk bulunya yang panjang ini sangat berguna untuk menghangatkan badannya saat musim dingin tiba.

Kucing maine coon termasuk dalam kucing berukuran besar. Panjangnya bisa mencapai 1 meter dan beratnya bisa mencapai 10 Kg. namun untuk mencapai pertumbuhan yang maksimal diperlukan waktu yang pelan-pelan. Semua tergantung dengan seberapa baik majikanya dalam merawat kucing ini.

Info tambahan: Rekor kucing terbesar didunia dipegang oleh kucing maine coon bernama stewie yang panjangnya mencapai 132 cm, untuk harganya berkisar antara 900.000- 10.000.000.

Nah itulah Jenis-jenis kucing peliharaan paling populer didunia. selain bersifat ramah ternyata kucing memiliki sisi lain seperti warna, karakter, bentuk tubuh yang menarik. Kucing bisa menjadi pilihaan yang bagus bagi anda yang ingin memiliki hewan peliharaan yang juga bisa jadi sahabat.

Belum ada Komentar untuk "6 Jenis Kucing Peliharaan yang Populer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel