Tips Tetap Memiliki Pekerjaan Saat Usia Sudah 40 Tahun Ke-atas

Tetap produktif dan bisa terus mendapatkan pekerjaan di usia 40 tahun ke-atas, bukanlah sesuatu yang sulit. Namun kenyataannya tak semudah membalik telapak tangan. Apalagi generasi muda sekarang ini juga sudah lebih cerdas dalam segala hal. Tentu keadaan ini sedikit banyak mempengaruhi para manusia dewasa, yang ingin mendapatkan mata pencaharian sekalipun telah berusia matang.




Akan tetapi tidak seharusnya keadaan tersebut menyulitkan Anda. Menjadi tenaga yang terus dicari dan digunakan orang atau perusahaan meski umur sudah tidak muda lagi, bukan sesuatu yang sulit. Selama dalam hati, terus bertekad memperjuangkan.

Tips Tetap Bisa Memiliki Pekerjaan Meski Sudah Berusia 40 Tahun Ke Atas


Ada beberapa hal yang harus mau Anda perhatikan bila skill tetap ingin terpakai dan memperoleh pekerjaan, di antaranya :

1. Ubah mindset negatif

Semua berawal dari cara pandang terhadap diri sendiri. Pikiran positif terbukti mampu mengatasi berbagai masalah. Meringankan langkah saat bergerak maju. Selain itu juga memudahkan diri sendiri untuk diterima di mana dan dalam kondisi apapun. Sekalipun kita tidak sedang mencari pekerjaan.

2. Tetap rajin belajar menambah ilmu 

Nah, jika Anda sudah berhasil menguasai pikiran Anda dengan sesuatu yang bernilai positif, maka langkah selanjutnya adalah belajar. Siapa bilang ini hanya milik kaum muda saja. Dengan belajar bukan berarti Anda masih bodoh! Tapi ilmu yang Anda dapatkan sangat berguna sekali, sebab telah disesuaikan dengan kondisi zaman yang sedang berlangsung.

Seperti misalnya belajar tentang ilmu digital marketing. Apakah pelajaran ini sudah ada ketika kita bersekolah ataupun kuliah dulu? Tentu tidak bukan? Karenanya, teruslah belajar pada yang muda yang pintar dan cerdas. Ini berguna bagi Anda yang punya keinginan berbisnis.

3. Belajar skill baru

Tak ada salahnya Anda merendahkan hati untuk belajar skill baru. Ketrampilan ini bisa berupa skill yang sesuai perkembangan zaman. Seperti ilmu pemrograman. Memang Anda tidak harus dituntut sempurna seperti anak muda sekarang. Tapi minimal Anda tidak buta sama sekali itu sudah lebih dari cukup.

4. Singkirkan perasaan minder atau arogan

Minder dan arogan pada dasarnya sama-sama sikap kurang baik, bila terus melekat di diri sendiri. Minder terhadap yang lebih pintar dan berpengalaman. Arogan, sebab merasa jika dulunya orang yang sudah punya banyak prestasi di masa muda dulu.

Hindari sifat-sifat di atas tadi. Tetaplah menjadi diri sendiri, bila ingin dihormati yang muda. Fleksibellah dalam bergaul. Jangan merasa sombong dan mampu segalanya. Karena sekali lagi, zaman telah banyak berubah!



5. Perlihatkan portofolio masa lalu Anda

Ini sangat berguna sekali, saat Anda mulai mengajukan tawaran kerja. Bila merasa di masa lalu memang memiliki segudang pengalaman sesuai yang dibutuhkan oleh jenis perusahaan tertentu, maka buatlah secara jelas dan mudah dibaca oleh calon pemakai jasa dan skill Anda. Bila perlu, dokumen jauh lebih baik diisi dengan dokumen berupa grafik dan angka. Atau bisa pula dilengapi dengan poin-poin penting lainnya.

Portofolio yang Anda perlihatkan ini, secara tak langsung akan menunjukkan kemampuan Anda pada perusahaan yang sedang Anda incar. Mengukur seberapa kuat Anda saat menghadapi badai tantangan yang diberikan oleh para pemberi kerja. Membuat hati mereka merasa yakin, bahwa Anda adalah orang tepat yang selama ini tengah mereka cari-cari untuk direkrut berkerja.

6. Perlihatkan kesungguhan Anda

Orang mungkin akan merasa kurang respek dengan Anda, mengingat usai yang sudah tidak muda lagi. Meragukan kemampuan Anda. Bahkan tidak mungkin, ejekan juga kerapkali menghampiri, melihat fisik Anda.

Tapi Anda tidak perlu merasa cemas dan takut. Terima apa saja yang mereka katakan, tidak perlu marah. Yang harus Anda lakukan adalah membuktikan keseriusan dan kesungguhan dalam berkerja. Perlihatkan pada perushaan, bahwa Anda adalah orang yang sesuai mengemban tugas yang diberikan oleh perusahaan.

7. Jangan takut bersaing

Di banyak perusahaan, mereka memang menyukai orang yang punya fresh graduate. Karena menganggap orang-orang ini mudah diarahkan. Tidak rewel masalah perhitungan gaji, sehingga pengeluaran perusahaan terkait hal tersebut bisa lebih dihemat lagi.

Namun faktanya, tidak semua perusahaan memakai sistem ini. Beberapa bahkan ada yang tak mau ambil risiko, dengan memperkerjakan orang yang tidak berpengalaman tadi.

Nah, pada titik inilah Anda masuk dan datang. Sebab ini nilai plus Anda. Tunjukkan bakat dan kemampuan Anda. Kematangan, kedewasaan juga catatan pengalaman masa lalu Anda sebagai pekerja, akan membuat sebagian perusahaan jatuh hati. Jangan rendah diri. Tetaplah bergerak dan jadilah bagian dari perusahaan mereka.

Mungkin terdengar sulit ya, mendambakan pekerjaan di usia yang sudah tidak muda lagi. Tapi semua tergantung dari mindset dan action Anda dalam melakukannya. Selamat berjuang!

Belum ada Komentar untuk "Tips Tetap Memiliki Pekerjaan Saat Usia Sudah 40 Tahun Ke-atas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel