Agar Tak Punya Hutang, Begini Cara Menghemat Uang Gaji Sebulan

Agar Tak Punya Hutang, Begini Tips Menghemat Uang Gaji Sebulan
Tak punya hutang pasti menjadi dambaan semua orang. Tapi bagaimana bisa tidak memiliki hal itu, kembali lagi ke pribadi masing-masing dalam mengelola uang atau gaji yang dimiiliki. Sekalipun dalam pandangan orang lain, nominalnya sangat sedikit. Akan tetapi jika pandai menggunakan dengan baik dan teliti, pastilah hal kurang menyenangkan tadi tidak bakal menimpa diri sendiri.

Hidup adalah pilihan. Dan salah satunya adalah hidup hemat dan cerdas dalam menyiasati uang atau kekayaan yang dimiliki. Termasuk pula gaji yang didapatkan hanya sebulan sekali. Antara uang dan nafsu sebenarnya berkaitan erat. Tak dapat dipisahkan semua tergantung pribadi yang menjalani kehidupan ini.

Tips Mengelola Uang Gaji Sebulan Agar Tak Punya Hutang


1. Catat kebutuhan selama sebulan

Anggarkan semua segala keperluan ini. Mulai dari kebutuhan sehari-hari yang harus dibelanjakan seperti : Kebutuhan bahan pangan, tagihan listrik dan air, tagihan wifi atau isi pulsa, uang transportasi, biaya sehari-hari anak sekolah hingga bulannya (pembayaran spp, LKS dan sebagainya), sampai kebutuhan yang bersifat dadakan. Misalnya biaya sakit, undangan menghadiri acara teman atau tetangga yang menggelar hajat tertentu dan lain sebagainya. Tulis secara benar, lalu bagilah uang-uang itu menurut pos-pos yang sudah ditulis sebelumnya. 

2. Segera lunasi hutang

Saat menerima gaji sebaiknya segera sisihkan sebagiannya untuk membayar hutang. Bila hutang terlalu banyak, dapat diangsur sedikit demi sedikit. Lalu buatlah target, bahwa di waktu yang telah ditentukan hutang tersebut lunas. Setelah itu, kendalikan diri sekuat mungkin untuk tidak mengambil hutang lagi, sekalipun dalam keadaan terpaksa.

3. Sisihkan untuk menabung

Jangan menghabiskan seluruh uang gaji sebulan, untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa berusaha menyisihkan sebagiannya. Sebab kita tidak akan pernah tahu masa depan kita setelah hari ini. Berhemat jauh lebih penting, ketimbang berfoya-foya berbelanja banyak barang, menuruti hawa nafsu di mana barang-barang tersebut belum tentu benar-benar diperlukan.

4. Membawa uang seperlunya bila pergi keluar rumah

Salah satu sebab orang menjadi boros, karena membawa uang dalam jumlah berlebih di dompet. Akhirnya mereka tergoda untuk berbelanja. Triknya, bawalah uang dengan jumlah sedikit atau seperlunya saja. Bekal bisa dibawa dari rumah. Seperti air minum atau biscuit. 

Memang ini terdengar saran aneh. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Ini menjadi salah satu trik menekan nafsu belanja tidak penting yang sering orang lakukan tanpa mereka sadari. 

5. Jangan tergantung kartu kredit

Kartu kredit sama sekali bukan ide bagus buat Anda simpan. Karena merupakan faktor utama Anda mulai terjerat hutang. Jika pada dasarnya di dalam sendiri suka menuruti gengsi. Belanja barang-barang tidak penting hanya, demi sebuah hubungan pertemanan di lingkungan sosial Anda. 

Berapapun besarnya uang gaji Anda dalam sebulan, jatuhnya akan sia-sia dan tetap merasa kurang. Bila masih menggantungkan mimpi pada sebuah kartu kredit. Lebih baik dimusnahkan. Segera lunasi jika memiliki tunggakan dan hiduplah normal sesuai kemampuan. 

6. Selektif memilih pergaulan

Poin ini berkaitan erat dengan nomor 4 dan 5 sebelumnya. Seperti kata pepatah bergaul dengan penjual minyak wangi, maka akan tercium wanginya. Begitupun sebaliknya. Berteman dengan pandai besi, akan terciprat api saat dia menempa besinya. Itulah pergaulan. 

Dengan siapa Anda bergaul akan menentukan karakter Anda sesudahnya. Seperti berteman dengan orang yang suka hidup boros. Gengsi tinggi dan malas berkerja. Lama kelamaan Anda juga bisa tertular perangai buruknya tersebut. Mengajak keluar rumah. Hura-hura dan foya-foya tidak penting.

7. Mencari pekerjaan sampingan

Ketika kebutuhan hidup semakin meningkat, sementara gaji yang diperoleh selama sebulan sudah tidak mencukupi untuk memenuhi keperluan tersebut, maka mencari alternatif pekerjaan sampingan adalah solusinya. Anda dapat memanfaatkan skill lain di luar jam kerja utama. Seperti hobi-hobi tertentu. 

Anda bisa berdagang sembako di rumah, bercocok tanam di pekarangan, membudiyakan ikan atau bunga serta ketrampilan lain. Misalnya membuka bengkel, reparasi baju atau menjadi penjahit, menulis bila Anda punya kemampuan dalam bidang itu. Termasuk menjadi penterjemah bahasa asing dan masih banyak lagi. Merupakan jenis-jenis pekerjaan sampingan yang patut Anda coba, guna menambah pemasukan.

8. Rajin bersedekah

Sedekah terbukti efektif melancarkan jalannya rejeki. Tidak harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Sedikit, asal ihlas jauh lebih baik daripada memberikan dalam jumlah besar, tapi terkesan memaksakan diri. Dan satu lagi, selalu bersyukur di dalam hati. Berkaca pada orang-orang yang kurang beruntung dari kita.

Untuk menjalani hidup hemat, semua tergantung niat. Tidak ada yang tak mungkin di dunia ini yang tak bisa diupayakan, selama ada kemauan. Besar kecilnya sebuah gaji tak akan memberi pengaruh besar Anda terlibat hutang, jika cerdas mengelola uang tersebut.

Demikian Agar Tak Punya Hutang, Begini Cara Menghemat Uang Gaji Sebulan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Agar Tak Punya Hutang, Begini Cara Menghemat Uang Gaji Sebulan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel