10 Tips Menata Ruangan Sempit Agar Terkesan Luas dan Nyaman

Ruangan yang terkesan luas dan nyaman menjadi dambaan sebagian orang. Ini berlaku bagi mereka yang kebetulan memiliki rumah kecil dan sempit. Kesan luas tentu seringkali terbetik di hati. Namun bagaimana triknya?


Pekerjaan ini sebenarnya menjadi miliki para interior. Tapi berkonsultasi pada mereka pastilah harus meluangkan waktu, di samping juga mengeluarkan biaya untuk berkonsultasi. Namun Anda tak perlu merasa cemas, sebab artikel ini akan mengupas secara singkat bagaimana cara menyiasatinya.

Cara Menata Ruangan Sempit Agar Terkesan Luas Dan Rapi

Rumah yang terlanjur menjadi bangunan, memang tidak serta merta dapat direnovasi atau dibuat lebih besar lagi. Karena pastinya membutuhkan dana lebih untuk mengubahnya, Namun dengan menerapkan tehnik-tehnik berikut, maka yakinlah. Ruangan yang tadinya sempit bisa berkesan lebih luas dan tetap nyaman. Dan inilah trik-triknya tersebut!

1. Gunakan cat warna cerah pada dinding

Dinding merupakan fokus utama pandangan mata. Dan warna-warna cerah akan membantu menghilangkan kesan sempit ini. Cobalah mengaplikasikan warna terang seperti : Putih, krem, biru langit atau pastel. Memang hal tersebut terkesan ramai dan kurang nyaman. Sebab barang-barang yang ada di ruangan jadi terkesan lebih hidup, bila dibanding dengan menggunakan warna gelap. Akan tetapi itu akan memberi kesan lapang, luas serta segar.

2. Beri jarak saat meletakkan furniture

Jika hal itu dilakukan, cahaya yang menimpa furniture tadi secara otomatis akan memantulkan cahaya. Sehingga memberi kesan luas, sebab pantulan cahaya tersebut menimpa benda-benda ini. Menciptakan illusi bahwa ruangan tersebut lapang.

3. Letakkan cermin

Cermin besar yang diletakkan pada kanan kiri dinding, akan memantulkan bayangan ruangan. Akibatnya pikiran menyimpan kesan, bila ruangan itu lebar padahal asilinya tidak demikian. Anda bisa belajar ini pada saat berkunjung ke toko. Perhatikanlah tehnik ini secara teliti. Anda pasti akan menemukan jawabannya.

4. Manfaatkan meja berlaci atau kabinet multifungsi

Ini dapat menghemat ruangan, ketika Anda mempunyai barang-barang pribadi cukup banyak. Lemari yang berjajar sekalipun kecil bentuknya, tetap kurang efektif. Apalagi dalam jumlah banyak. Berbeda dengan meja berlaci. Satu perkakas jadi multifungsi. Dapat untuk menyimpan pakaian, perhiasan atau kebutuhan pribadi lainnya. Sementara mejanya bisa dipakai untuk meja berhias sekaligus meja kerja atau meja belajar.

5. Meletakkan karpet berpola untuk lantai ruang tamu

Pilihlah yang berpola kecil agar lantai terkesan luas dan lapang. Gunakan warna-warna cerah untuk mengimbangi. Atur dengan pola berbeda untuk setiap ruangan yang ada. Sehingga saat mata memandang, yang terbayang ruangan itu luas sebab pandangan yang berpindah-pindah tadi.

6. Tempelkan barang elektronik di dinding

Jika ruangan benar-benar sempit dan Anda sendiri terkadang juga membutuhkan hiburan semacam televisi, radio atau DVD. Maka jangan ragu untuk menempelkannya ke dinding. Selain memberi kesan menarik, ruangan juga terkesan nyaman.

7. Beri pola strip pada lantai

Sama seperti busana, motif-motif tertentu juga bisa memberi kesan si pemakai menjadi tampak lebih kurus langsing ataukah berisi dan lebar. Seperti penerapan garis-garis vertikal ataupun horizontal. Anda juga bisa menerapkan ini, sehingga lantai terkesan tinggi menjulang ataukah lebar, tergantung sudut mata melihat.

8. Buat jendela yang besar

Jendela yang besar dan lebar mirip pintu akan memberikan kesan ruangan makin luas dan lebar pula. Lalu tambahi juga dengan tirai panjang dan lebar. Hindari membuat jendela pendek dan kecil. Anda buat tinggi ataupun rendah, kesannya tetap tidak rapi dan kurang sedap dipandang.

9. Buatlah sekat antar dinding

Biasanya antara ruangan satu dengan yang lain dipisahkan oleh dinding. Maka ini tidak perlu Anda lakukan. Melainkan cukup beri sekat saja yang terbuat dari materi ringan seperti papan. Atau dapat pula lemari lebar dan tinggi, yang di dalamnya bisa untuk menyimpan barang-barang. Lebih hemat dan praktis.

10. Beri stiker atau wall art pada plafon

Selain menyiasati dinding, lantai dan pengaturan furniture, tak kalah penting adalah bagian atas rumah itu sendiri, yakni plafon. Jauh lebih baik bila langit-langit itu tidak Anda biarkan polos begitu saja. Akan tetapi ikut pula diberi ornamen atau hiasan yang bisa mengalihkan pandangan mata. Sehingga tidak hanya berpusat pada apa yang ada di bawah saja. Melainkan pada bagian atas juga tak luput dari pandangan. Plafon yang berhias menarik, tetap akan memberi efek luas ruangan sekalipun ruangan sebenarnya sempit.

Memang membutuhkan trik khusus untuk mengubah ruangan sempit menjadi berkesan lebar, luas dan lapang. Dengan memanfaatkan tehnik-tehnik di atas, diharapkan ini akan membeli solusi bagi Anda. Yang barangkali saja saat sekarang tengah kebingungan mendekorasi ruangan rumah idaman.

Sekian artikel kali ini. Semoga bisa sedikit memberi manfaat buat Anda yang membutuhkan.

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Menata Ruangan Sempit Agar Terkesan Luas dan Nyaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel