6 Cara Menghilangkan Kerak Kotoran Pada Lantai Kamar Mandi

Lantai kamar mandi yang bersih menjadi cerminan pribadi pemiliknya yang menyukai kebersihan. Sebab tidak hanya nyaman tapi bisa terhindari dari kuman dan bakteri penyebab penyakit menyerang tubuh. Ruangan pribadi tersebut menjadi bagian isi rumah yang harus pula dibersihkan, bila sudah mulai kotor. 


6 Kiat Menghilangkan Kerak Kotoran Pada Lantai Kamar Mandi

Dan berikut beberapa tips mencegah lantai kamar mandi penuh kerak, lumut dan jamur agar terhindar dari keadaan tadi.

1. Sering-seringlah membersihkan 

Anda bisa melakukannya setiap hari tiap kali hendak mandi. Tidak perlu terlalu lama menyikat asal konsisten secara terus menerus. Ini akan meringankan beban Anda saat akan membersihkannya nanti. Tidak perlu waktu lama sebab kamar mandi tidak begitu kotor karena sering dibersihkan.

2. Siram seluruh permukaan dinding dan kamar mandi sebelum buang air kecil

Kerjakan hal tadi setiap waktu Anda pergi ke kamar mandi. Hal kecil dan terlihat sepele ini akan menjauhkan ruangan kamar mandi dari bau tidak sedap. Terutama bila Anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gas amoniak seperti petai dan jengkol. Baunya pasti menguar ke seluruh ruangan dan tentu saja ini sangat mengganggu penghuni lain.

3. Bersihkan closet secara teratur

Closet menjadi sumber utama bau tidak sedap timbul. Bersihkan secara berkala. Minimal dua kali seminggu dengan memakai pembersih yang dianjurkan. Dan satu lagi. Jangan lupa untuk meletakkan pengharum ruangan sesudahnya. 

4. Beri ventilasi udara pada atap kamar mandi yang bisa dibuka dan ditutup

Cara ini untuk meminimalisir agar hawa busuk atau kurang sedap pemicu jamur bisa keluar ruangan. Akan jauh lebih baik lagi, bila menggunakan atap genteng yang terbuat dari kaca bening supaya sinar matahari dapat menerobos masuk ke dalam ruangan. Sehingga kuman dan matahari dapat mati terbunuh oleh cahaya tadi.

Selanjutnya adalah tips menghilangkan kerak kotoran pada lantai kamar mandi.

1. Larutan garam untuk membersihkan lumut

Caranya : Ambil air sebanyak 2 liter lalu rebus hingga mendidih. Masukkan 3-5 sdm garam dapur, kemudian aduk-aduk sampai garam larut. Selanjutnya siram ke lantai kamar mandi yang berkerak. Biarkan sesaat baru sikat menggunakan sikap alumunium hingga lumut hilang. Kemudian bilas dengan air bersih. Terakhir siram lagi dengan larutan garam tadi. Anda bisa merebusnya kembali, lalu disiram ke lantai kamar mandi yang sudah terbebas dari lumut.

2. Asam cuka untuk kerak lantai

Caranya : Larutkan asam cuka dengan air perbandingan 1:1. Misalnya air 1 liter maka asam cuka yang dipakai juga harus seliter pula. Selanjutnya tambahkan detergen dan sabun. Campur menjadi satu dalam sebuah wadah ember, lalu siram secara merata pada lantai yang berkerak kemudian gosok. Jangan sampai ada yang terlewat. Bila masih membandel tak mau hilang, siram lagi tanpa bahan campuran apapun hanya asam cuka saja. Terakhir bilas dengan air bersih.

3. Larutan pemutih pakaian

Pemutih baju sebetulnya bisa pula digunakan. Caranya larutkan 1 botol larutan pemutih pakaian ukuran 200 ml dengan 200 ml larutan pembersih lantai dan 1 bungkus kemasan 200 gram. Campur dan aduk jadi satu menggunakan air panas mendidih, lalu siramkan ke lantai yang penuh kerak. Diamkan sesaat lalu sikat sampai bersih. Terakhir siram dengan air sampai bersih.

4. Bubuk kaporit

Caranya : Siram terlebih dahulu lantai yang berkerak dengan air panas mendidih. Kemudian taburi seluruh permukaan lantai tersebut dengan bubuk kaporit secara merata. Selanjutnya diamkan selama 30 menit, untuk  mengikis kerak yang menempel. Sesudah itu gosok tanpa ada yang tersisa. Terakhir siram dengan air bersih.

5. Bubuk asam sitrat

Asam sitrat banyak dipergunakan dalam pembuatan sirup dan kue. Anda bisa mendapatkan bahan tersebut di toko-toko bahan kue tadi. Harganya juga terbilang sangat murah dan tidak membahayakan kulit bila tak sengaja bersinggungan dengan kulit dan tubuh manusia. Campurkan bubuk asam sitrat dengan larutan pemutih. Sebab asam sitrat tidak terlalu kuat menghilangkan noda maka kita perlu mencampurnya dengan larutan pemutih baju dan sedikit penambahan larutan pencuci piring perbandingan 1 : 1 : 1. Selanjutnya gosok sampai tak ada yang terlewat. Dan terakhir siram dengan air bersih. 

6. Lemon 

Terakhir jeruk lemon yang dicampur garam, larutan pemutih dan detergen dengan perbandingan 1:1:1:1. Misalnya 100 ml air jeruk lemon dengan 100 gram garam, 100 ml larutan pemutih dan 100 gram detergen. Masukkan semua bahan tersebut dengan 2 liter air dan aduk rata lalu siram ke seluruh permukaan lantai. Diamkan sebentar lalu gosok. Terakhir siram dengan air bersih. 

Demikian tips cara menghilangkan kerak lantai kamar mandi. Dan bukan lantainya saja. Karena semua tips yang sudah dibagikan tadi juga bisa diterapkan pada closset. Serta jangan lupa. Bersihkan pula bagian lain dari kamar mandi. Seperti keran air, westafel, rak sabun dan jauhkan sikat gigi dari closset. Untuk semua benda-benda tadi misalnya berkarat, bisa memakai air jeruk limau atau asam cuka untuk menggosok bagian yang kotor tadi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Menghilangkan Kerak Kotoran Pada Lantai Kamar Mandi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel