Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menangani Komentar Negatif Termasuk Komen Netizen di Media Sosial

Cara Menangani Komentar Negatif Termasuk Komen Netizen di Media Sosial

Moddic - Apakah sahabat pernah menerima perlakuan buruk seperti mendapat komentar negatif orang lain. Mungkin pernah mendapat komen negatif dari netizen padahal sahabat sudah berusaha sebaik mungkin? Komentar negatif memang membuat perasaan tersakiti dan semangat kita jadi turun.

Komentar negatif sangat berbeda dengan saran dan kritik. Jika saran dan kritik diutarakan untuk niat baik. Sementara komentar negatif berisi ujaran-ujaran yang bertujuan untuk menjatuhkan kita. Seseorang yang melakukan komentar negatif biasanya adalah orang yang sejak awal sudah menaruh benci terhadap kita atau iri dengan pencapaian yang telah kita capai. 

Jika sahabat mengalami hal seperti ini, lantas sikap seperti apa yang harus dilakukan ? Apakah harus membalasnya atau masih ada cara lain yang bisa dilakukan?.

Cara Menangani Komentar Negatif Termasuk Komen Netizen di Media Sosial

Di dalam artikel ini akan dibahas cara menangani komentar negatif orang lain termasuk komen negatif dari netizen di media sosial. Untuk itu, pembahasannya akan diuraikan satu per satu.

Cara Menangani Komentar Negatif Dari Orang Lain

1. Jangan Terpancing
Komentar negatif memang sangat tidak menyenangkan. Orang bisa mengatakan kita bodoh, kita miskin, kita jelek dan sederet ujaran buruk lainnya. Tapi semua ini tergantung cara kita menyikapinya. Sering mendengar komentar negatif hanya akan membuat kita sakit sendiri. Sadari bahwa mereka hanya ingin membuat kita semakin terjatuh. Mereka akan senang bila kita terpengaruh dengan perkataannya.

Jangan terpancing dan mengurusi orang-orang yang menyerang kita. Membalas hal negatif dengan cara yang sama bukanlah cara yang bijak. Perlihatkan bahwa kita memiliki keluasan hati untuk menyikapi komentar negatif dengan cara yang elegan. 

Tidak usah menanggapi apapun anggapan buruk orang lain karena nanti lama kelamaan mereka akan lelah sendiri. Karena kita tidak terpancing dengan cibiran yang mereka lakukan.

2. Jadikan Komentar Negatif Sebagai Pembelajaran
Setiap momen yang kita alami pada hidup ini baik yang menyenangkan atau menyedihkan sekalipun, itu adalah takdir tuhan yang memiliki hikmah. Kadang hikmah itu belum kita sadari pada awalnya namun setelah semakin dewasa kita menyadari bahwa hal buruk yang terjadi pada hidup kita memiliki hikmah yang bisa dijadikan pelajaran.

Mendapatkan komentar negatif bukanlah impian semua orang. Tapi yang namanya hidup tidak akan membuat kita disukai oleh semua orang. Jadi ketika kita mengalami respon buruk dari orang lain sebenarnya itu adalah hal wajar, karena kita tidak bisa membuat semua orang menyukai kita. Bahkan selevel presiden sekalipun tetap ada orang yang membenci. Memikirkan respon negatif orang lain bukanlah solusi. Belajar untuk menghadapinya dengan kepala tegak dan jadikan hal ini sebagai pelajaran agar kita bermental kuat, tidak gampang ambruk hanya karena segelintir orang yang tidak menyukai kita.

3. Jangan Menunjukkan Kelemahan
Orang yang suka berkomentar negatif terhadap kita sangat suka melihat kita lemah dan gagal. Mereka hanya melihat kekurangan kita sebagai senjata untuk menjatuhkan. Mereka bisa melakukan hal ini berulang kali sampai tujuan mereka tercapai. Oleh karena itu jangan sekali menunjukkan sikap lemah dan emosi kepada orang yang berkomentar negatif.

Memang hal ini bukanlah hal mudah seperti membalikkan telapak tangan. Tapi ini adalah hal yang harus dilakukan agar kita tidak diremehkan orang lain. Jangan biarkan pikiran kita dipengaruhi anggapan orang lain. Kontrol emosi dan curahkan itu semua dalam jalan positif. Kita bisa berkarya dengan apa yang dimiliki sekarang. Seorang pelajar bisa berprestasi dengan mengikuti perlombaan, seorang karyawan bisa berkerja giat agar naik jabatan dan sebagainya.

4. Berlatihlah Untuk Memaafkan Orang Lain
Harapannya setelah kita mendapat pengalaman dikomentari negatif oleh orang lain. Tidak lantas membuat kita membalas dengan cara yang sama. Tujukan bahwa kita ada dilevel yang berbeda dengan mereka. Jika kita terpancing emosi dan membalasnya, ini menunjukkan bahwa kita merupakan orang yang sama dengan orang yang membenci kita.

Belajar untuk easy going, dekati orang-orang yang sabar agar kita juga ikut menjadi orang yang sabar. Jadi ketika kita menghadapi orang-orang yang berkomentar negatif bukan emosi lagi yang menguasai. Kita bisa lapang dada memaafkan dan berdoa agar Tuhan memberikan mereka hidayah.

Cara Menangani Komen Negatif Netizen di Media Sosial

Lalu bagaimana menghadapi komentar netizen ? Ketika kita bermedia sosial, apalagi kita membagi segala aktivitas tentunya akan mengundang respon orang lain. Persoalannya kita tidak dapat memfilter anggapan orang lain.  Orang bisa muncul dikolom komentar postingan kita dengan ujaran negatif, mereka bisa menilai pakaian kita, menjudge kita hanya berdasarkan status media sosial. Lalu apa yang harus kita lakukan ?

1. Balas dengan komentar positif
Kita bisa membalas komentarnya dengan hal positif. Bila kita di judge/dihakimi sebagai orang buruk, jelaskan saja bahwa anggapan itu tidak benar. Namun kita terbuka dengan saran orang lain.

2. Nasihati melalui Fitur Pesan/Chat
Bila cibiran ini tak kunjung berhenti, kita bisa menasehati orang tersebut lewat pesan pribadi. Jelaskan bahwa apa yang ia lakukan bukanlah tindakan yang benar dan sudah terlalu mengganggu.

3. Belajar mengabaikan komen
Belajar untuk mengabaikan komentar negatif di media sosial juga perlu untuk dibiasakan. Daripada Mengurusi mereka maka lebih baik melakukan kegiatan yang lebih produktif. Seperti mengikuti Webinar atau seminar online.

4. Matikan fitur komentar
Di berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, Youtube dan Instagram juga sudah dilengkapi dengan fitur mematikan kolom komentar. Salah satunya untuk menghindari komentar negatif orang lain seperti para netizen.

5. Blokir
Cara terakhir bila komentar negatif orang lain sudah sangat menganggu dan tidak berhenti-henti menyerang personal kita, maka tidak ada alasan lain lagi. Kita dapat memblokirnya dari hubungan di media sosial kita.

Nah, begitulah cara menangani komen negatif orang lain. Jangan biarkan apa yang mereka lakukan merusak kedamaian kehidupan sosial media kita. Demikian, share kalau bermanfaat.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Posted by : Arya WB

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "Cara Menangani Komentar Negatif Termasuk Komen Netizen di Media Sosial"