Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Renungan, Inilah Alasan Syekh Ali Jaber Mencium Tangan Anak-Anak

Inilah Alasan Syekh Ali Jaber Mencium Tangan Anak-Anak
Syekh Ali Jaber Cium Tangan Anak Kecil, Syekh Rasyid 7 Tahun / Sumber : Youtube Official RCTI
Moddic.com - Syekh Ali Jaber dikenal sebagai penceramah dengan pembawaan yang tenang dan menyejukkan dalam menyampaikan materi ceramahnya. Selain itu, Beliau juga ulama yang penyayang kepada semua orang yang ada di sekitarnya. Sehingga sangat wajar jika banyak orang yang merasa sangat kehilangan sosok Beliau terlebih pada saat-saat awal kepergian Beliau menghadap Sang Pencipta. Insyaallah Beliau sudah tenang di sana dengan meninggalkan banyak ilmu dan tauladan yang sangat bermanfaat buat kita semua.

Sikap penyayang Syekh Ali Jaber sering terlihat pada acara-acara TV dimana Beliau terlibat. Salah satunya adalah sikap Beliau yang suka mencium tangan anak-anak terutama para penghapal dan pencinta Al-Quran. Padahal bukan anak Beliau sendiri. Apa alasan Syekh Ali Jaber mencium tangan anak-anak?

Baca juga:

Hal ini menjadi buah pertanyaan dari jamaah Beliau saat melakukan pengajian. Ini diketahui dari salah satu materi ceramah Beliau di salah satu video youtube yang diunggah melalui channel youtube Syekh Ali Jaber dengan judul video "Inilah 10 ucapan positif untuk anak kita".

Dalam video tersebut Syekh Ali Jaber bercerita "Ada orang bertanya sama Saya, saya perhatikan Syekh kalau lihat anak-anak suka, anak-anak cium tangan Syekh, kok Syekh suka balas mencium tangannya, Kenapa? Biasanya Kami merasa kurang pantas, cukup anak saja yang cium, jangan Syekh yang balas mencium".

Lantas apa jawaban Syekh Ali Jaber mendengar pertanyaan semacam itu? Jawaban Syekh seperti ini "Apa yang Saya lakukan bukan Saya melakukan ria. Bukan Saya melakukan karena mau tunjukkan apa. Tapi Saya berusaha mengikuti Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam".

Kita semua perlu tahu bahwa Nabi tercinta kita, Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam sangat sayang terhadap anak-anak bukan hanya anak sendiri saja melainkan pada anak-anak yang lain. Syekh lanjut menjelaskan "Pernah Rasul melihat beberapa anak-anak. Seorang laki-laki punya anak 11, dia membawa anaknya. Kemudian dia melihat Rasul bersama anak-anak lagi main. Rasul main sama anak-anak. Kemudian diantara anak sepertinya ada yang jatuh, Rasul memeluk dan mencium".

"Orang Baduy biasanya orang Baduy dikenal sebagai mereka orang kasar karena orang padang pasir. Jadi tangannya pun kasar. Dia lihat Rasul mencium anak itu, Baduy itu heran. Eh Rasul emang suka cium anak ya, ya Saya suka cium anak. Kata orang itu, saya punya anak sebelas, ndak pernah satu-satunya saya cium".

"Apa kata Rasulullah? Apa yang saya bisa lakukan kalau Allah mencabut rahmah dari hatimu? Apa yang saya bisa lakukan kalau Allah mencabut Rahmat dari hatimu. Berarti tanda rahmat Allah kita cium anak kita itu menjadi tanda rahmat Allah yang Allah simpankan dalam hati kita".

"Salah satu permainan Rasul sama anak apalagi anak-anak kecil, Rasul memegang tangannya dan menyuruh anak merangkak atau berjalan dengan kakinya di atas kaki Rasul sampai ke ujung dadanya. Bisa gambarkan? jadi Rasul memegang tangan anak kemudian disuruh naik, jalan. Sampai kakinya di dadanya Rasul dan Rasul mencium anak itu dengan mulutnya Rasul langsung ke mulut anak itu".

Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam Sangat Cinta Pada Anaknya

Syekh Ali Jaber menceritakan bagaimana kasih sayang Rasulullah pada anaknya "Rasulullahi Shallallahu Alaihi Wasallam saking cinta sama anaknya apalagi Siti Fatimah Radhiyallahu 'anha. Begitu Siti Fatimah Radhiyallahu 'anha habis main sama anak-anak kemudian pulang. Rasul lagi duduk di rumah sama istrinya, begitu Siti Fatimah RA masuk dari pintu rumah, Rasul tidak pernah panggil ayo sini-sini sayang. Tapi Rasul sendiri berdiri dan lari Rasul menghadap anaknya, memegang dan memeluk anaknya. Begitu cara Rasulullah membagikan rasa cinta. Jadi bukan Suruh sini-sini sayang, tidak. Tapi Rasul sendiri yang datangi kepada dia dan memeluk dia"

Sayangi Anak Dapat Mencerdaskan Otak Anak

Syekh Ali Jaber melanjutkan "Ada seorang dokter dari Kanada, ahli jiwa berkata, dia belum tahu Hadits ini, dia belum tahu Rasul suka begini, dia berkata, salah satu cara mencerdaskan anak kita dan menanamkan kepercayaan saat kita bersenang, berhiburan sama dia, coba bawa cara ini : Pegang tangannya, tapi ya jangan yang umurnya 13, mana bisa. Ya yang kecillah yang masih apa namanya dua tahun, satu tahun setengah, ya tiga tahun lah masih dan tergantung anak kita. Kalau yang besar badannya mana bisa kita angkat. Jadi sambil megang tangannya kemudian dia naik di atas badan kita, kita sambil berdiri kemudian mencium bibirnya langsung. Kata seorang dokter dari Kanada itu, ini salah satu cara yang membantu cerdaskan otak anak kita dan memberikan kepercayaan diri yang luar biasa".

"Ditegur sama seorang ulama, hal ini sudah dikasih tahu oleh Rasul dan Rasul sudah berlaku. Dia bilang, mana buktinya? Dibawakan hadisnya, dia pelajari, sebab hadits itu dia masuk Islam".

"Tidak ada yang lebih romantis daripada Rasul. Sama istrinya paling romantis, sama anaknya yang paling kasih sayang. Bukan hanya anaknya sendiri malah sama anak orang lain. Begitu luar biasa Rasul, kasih sayang".

Nah itulah alasan Syekh Ali Jaber yang membuat Beliau seringkali menunjukkan rasa sayang yang luar biasa pada anak-anak. Terlebih jika mereka adalah anak-anak luar biasa, para penghapal dan pencinta Al-Quran. Sebaik-baiknya panutan adalah apa yang telah dicontohkan oleh Rasul Sallallahu Alaihi Wasallam.

Demikianlah alasan Syekh Ali Jaber suka mencium tangan anak-anak. Jika ada salah dan khilaf dari informasi ini dengan sebesar-besarnya redaksi Moddic memohon maaf. Anda dapat menyampaikan kritik dan saran melalui laman Kontak. Semoga informasi ini bermanfaat.
Sumber : Youtube Syekh Ali Jaber

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "Renungan, Inilah Alasan Syekh Ali Jaber Mencium Tangan Anak-Anak"