Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Macam-macam Jam Biologis Tubuh yang Wajib Diketahui Agar Tetap Sehat

Macam-macam Jam Biologis Tubuh yang Wajib Diketahui Agar Tetap Sehat
Ilustrasi terganggunya jam biologis tubuh manusia
Moddic.com - Jam biologis tubuh manusia merupakan siklus yang akan memberitahu waktu kapan harus tidur, bangun tidur, makan, buang air besar, dan lainnya. Jam biologis tubuh manusia disebut juga dengan kronobiologis. Dimana kronobiologis berpatokan pada siklus 24 jam atau siklus siang - malam.

Bagi kita yang ingin kembali hidup sehat maka sangat penting untuk memperhatikan jam biologis tubuh ini. Bila kita abai dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti insomnia, obesitas, diabetes, penuaan dini dan penyakit degeneratif.


Tubuh akan mengirimkan tanda-tanda ketika jam biologis tubuh terganggu. Kita akan menguap ketika mengantuk, merasa kelelahan, merasa tidak nyaman dan tanda-tanda lainnya sebagai garis petunjuk apakah tubuh dalam kondisi normal atau sudah melewati batas. Pada akhirnya beresiko menurunkan imun tubuh karena kacaunya produksi protein dalam tubuh.

Jam Biologis Tubuh yang Wajib Diketahui Agar Tetap Sehat

1. Paru-paru
Paru-paru siap bekerja pada jam 03.00 - 06.00.  Sangat baik bagi kita bangun di pagi hari. Termasuk untuk melaksanakan shalat tahajud dan shalat subuh. Sedangkan pada jam 15.00 - 17.00 sebaiknya kita berolahraga karena paru-paru sedang berfungsi maksimal.

2. Usus Besar
Pada jam 06.00 - 07.00 biasakanlah untuk buang air besar untuk membuang racun hasil metabolisme. Pada jam ini, usus besar dalam kondisi yang optimal.

3. Lambung
Lambung bekerja optimal pada jam 07.00 - 09.00. Sangat baik bagi kita untuk melaksanakan sarapan.


4. Jantung
Pada jam 11.00 - 13.00, sangat baik untuk melaksanakan tidur siang demi kesehatan jantung. Pada jam ini, sistem imun tubuh menurun, sel darah putih sedang kurang aktif. Sehubungan dengan kegiatan berjemur untuk mendapatkan vitamin D, disarankan untuk tidak berjemur saat jam ini jika ada masalah dengan jantung dan pembuluh darah.


5. Hati
Kondisi hati melemah pada jam 13.00 - 15.00. Sehingga dianjurkan untuk beristirahat karena terjadi regenerasi sel hati. Begitupun pada jam 01.00 - 03.00 (pagi) terjadi regerasi sel pada hati dan hati dalam kondisi kuat. Sebaiknya tidur supaya tubuh dapat memulihkan diri dengan baik.

6. Ginjal
Pada jam 16.00 - 19.00 terjadi pembentukan sumsum tulang dan sel otak dan ginjal dalam kondisi kuat. Pada jam ini merupakan waktu terbaik untuk belajar.


7. Usus Halus
Pada jam 19.00 - 21.00 waktu bagi usus menyerap nutrisi. Disarankan pada jam ini untuk tidak makan. Selain itu, saat itu kondisi lambung sedang lemah.

8. Limpa
Pada jam 21.00 - 23.00 limpa dalam kondisi lemah dan terjadi regenerasi sel limpa.

Ayo bersama-sama berusaha menjalankan jam kerja tubuh kita agar tubuh tidak mengirimkan sinyal-sinyalnya dan kita bisa terhindar dari penyakit.

Demikian, share kalau informasi ini bermanfaat.

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "Macam-macam Jam Biologis Tubuh yang Wajib Diketahui Agar Tetap Sehat"