Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 Manfaat Makan Makanan Mentah (Raw Food) Bagi Kesehatan, Apakah Berbahaya?

Manfaat Makan Makanan Mentah Bagi Kesehatan, Apakah Berbahaya?
Ilustrasi Makanan Mentah
Moddic.com - Apakah Anda suka makan makanan mentah? Yakin, Anda pasti pernah makan makanan mentah. Oleh karena beberapa masakan/makanan khas negara kita mengandung makanan mentah. Makanana atau masakan apa saja itu?
 
Pada kesempatan ini, Moddic akan membahas mengenai:
  • Apa itu raw food?
  • Contoh makanan mentah
  • Manfaat makanan mentah
  • Bahaya makanan mentah

Apa itu Raw Food?

Terlebih dahulu kita perlu tahu apa itu makanan mentah atau sering disebut sebagai Raw Food. Raw Food atau makanan mentah yaitu makanan yang berasal dari alam tanpa melalui proses pengolahan/dimasak. Makanan mentah memiliki nilai gizi yang utuh ketimbang setelah diolah dengan cara yang kurang tepat. Saat makanan mentah dimasak maka makanan ini kehilangan nilai gizi yang penting seperti : enzim, klorofil, vitamin, dan mineral. Dimana kalau ini dipanaskan / dimasak akan rusak. Akhirnya, tubuh kita hanya mendapat bagian kecil saja dari gizi makanan tersebut bahkan bisa dibilang hanya makan ampasnya saja.

Contoh Makanan Mentah

Raw food ini dipercaya sangat baik untuk kesehatan. Bahkan seorang dokter dari Korea menjadikan Raw Food sebagai makanan untuk terapi penderita kanker.

Apa saja contoh makanan mentah? Pada bahasan ini, Moddic hanya mengulas seputar sayuran dan buah saja, tidak termasuk daging. Tentu saja kita bisa mendapatkannya dari buah-buahan dan sayur-sayuran mentah. Dari buah-buahan seperti alpukat, apel, pir, nanas, semangka , melon dan sebagainya. Sedangkan dari sayur sayuran seperti tomat, mentimun, selada, kol, kubis dan sebagainya

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah buah-buahan dan sayuran tersebut bebas/bersih dari pestisida.  Sangat baik kalau kita mendapatkan makanan yang ditanam secara organik tanpa pestisida kimia.

Dengan kekayaan alam yang luar biasa, negara kita memiliki banyak makanan yang berisi raw food. Adapun contohnya seperti rujak, pecel, karedok, dan salad.

Manfaat Makan Makanan Mentah Bagi Kesehatan

Sebelum kita yakin untuk mengkonsumsinya, Anda perlu tahu apa manfaat makanan mentah ini?

1. Dapat mencegah kelelahan/kurang energi
Kalau pernah merasa sering capek dan kurang berenergi dalam beraktivitas, Anda dapat mencoba terapi makanan mentah. Berapa lama melakukan terapi raw food ini? Cobalah untuk melakukannya selama kurang lebih 3 (tiga) bulan. Tubuh akan kembali berenergi dan optimal.

2. Dapat mencegah kanker
Sebagaimana diketahui bahwa penyebab kanker adalah adanya paparan dengan zat-zat kimia berbahaya. Pada makanan, kita dapat menemukannya pada pestisida yang digunakan dalam pemeliharaan tanaman. Makanan mentah yang bersih dari pestisida jelas diyakini bisa mencegah kanker.

3. Untuk pengobatan penyakit
Selain kanker, beberapa penyakit lainnya dapat diobati dengan terapi raw food. Misalnya penyakit seperti diabetes, alergi, asma, tekanan darah tinggi, kolestrol, dan sebagainya. Jadi makanan mentah ini akan memperbaiki sistem imun dan sistem metabolisme tubuh kita.

Makanan mentah ini sangat membantu program pengobatan penyakit Anda. Tubuh anda yang selama ini makan dengan pola makan yang tidak benar tentu saja banyak sekali racun yang tertimbun dalam tubuh hingga penyerapan nutrisi bisa terganggu. Makanan mentah ini bisa menjadi salah satu detoks sehingga racun-racun dikeluarkan dan tubuh akan optimal lagi. Dengan mengkonsumsi makanan mentah ini tubuh akan menaikkan sistem imunnya dan akan terjadi proses Self Healing atau penyembuhan diri sendiri dan tentu saja ini butuh proses/waktu.

4. Baik untuk diet
Buat Anda yang sedang program diet, Anda dapat mencoba memasukkan makanan mentah dalam program diet Anda. Berat anda bisa turun sekitar 5 sampai 6 kg dalam waktu 2 - 3 bulan.

5. Baik untuk kulit
Terapi raw food dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, mungkin bahasanya sekarang lebih glowing. 

6. Membantu pertumbuhan
Makanan mentah baik untuk anak-anak dan remaja yang mengalami hambatan dalam pertumbuhannya. Makanan mentah ini sangat baik untuk menunjang pertumbuhan mereka.

7. Baik untuk lansia
Raw Food ini dapat mencegah Demensia dan mempertahankan daya ingat. Sangat baik sebagai anti penuaan dini. Sehingga makanan mentah ini akan sangat membantu bagi para lansia.

8. Untuk meningkatkan kecerdasan
Raw food juga sangat baik buat para pelajar. Mereka bisa mengkonsumsi raw food untuk meningkatkan efisiensi belajar mereka.

9. Alternatif untuk sarapan 
Pagi hari, setiap orang membutuhkan nutrisi yang baik untuk bekerja atau belajar secara maksimal. Sebagai alternatif sarapan, Anda dapat mengkosumsi makanan mentah. Selain itu, ini tidak perlu diolah sehingga menghemat waktu, Anda bisa langsung makan dalam keadaan mentah.

Bahaya Makan Makanan Mentah

Dikutip dari situs hellosehat, ada beberapa efek negatif jika seseorang makan makanan mentah, yaitu:
  • Banyak bakteri dan parasit
  • Meningkatkan resiko penyakit jantung
  • Mengganggu kerja hormon tiroid
  • Masalah pencernaan
  • Kehilangan nutrisi penting
Untuk menghindari hal-hal di tersebut, sebelum mengkonsumsinya baik makanan mentah organik maupun non organik agar dalam keadaan bersih. Tentu saja dengan dicuci menggunakan air mengalir dan treatmen lainnya sampai kotoran dan pestisida pada raw food tersebut hilang.

Sekian dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "9 Manfaat Makan Makanan Mentah (Raw Food) Bagi Kesehatan, Apakah Berbahaya?"