Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Amalan Yang Dianjurkan Di Bulan Ramadhan, Berpahala Banyak

Amalan-Amalan Yang Dianjurkan Di Bulan Ramadhan, Berpahala Banyak

Moddic - Akhirnya tamu Allah Itu datang, Ia hadir menyapa kita dengan berbagai keutamaannya, Ia hadir mengetuk pintu hati kita. Apakah kita sudah bersiap menyambutnya ? Apakah kita mampu menjalankannya ? . Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa dibandingkan bulan-bulan yang lain. Dibulan ini Allah janjikan Rahmat bagi orang-orang beriman. Dibulan ini amalan-amalan akan dilipatgandakan pahalanya. Setan-setan dibelenggu, dan hadirnya malam Lailatul Qadar.

Jangan sia-siakan Ramadhan, karena siapa tahu ini adalah momen terakhir kita berjumpa dengannya. Ini adalah bulan berkah dan ampunan. Jadikan ramadhan sebagai momen memperbaiki diri dan meningkatkan ibadah.

Amalan-Amalan Yang Dianjurkan Di Bulan Ramadhan, Berpahala Banyak

Berikut ini adalah ibadah-ibadah yang dianjurkan di bulan ramadhan berpahala banyak:

Membaca Alquran

Ramadhan adalah bulannya Al-Qur’an. Di bulan ini Al Qur’an turun ke muka bumi. Maka dari itu, Amalan yang sangat dicintai Allah dan banyak pahala yang bisa kita raih adalah membaca Alquran. Al Qur’an bukan sekedar kitab biasa, ia adalah penyempurna kitab-kitab sebelumnya. Salah satu keistimewaannya adalah terjaga keotentikannya sepanjang masa dan bisa menjadi penolong saat hari akhir kelak.

Bacalah Al-Qur’an di sela-sela menjelang sholat wajib. Bertadarus Al Qur’an semakin banyak semakin baik. Dan akan lebih afdol lagi bila dilakukan bersama-sama keluarga. 

Dalam sebuah Hadits Rasulullah bersabda: 

“Jibril menemuinya pada tiap malam-malam bulan Ramadan dan dia (Jibril) bertadarus Alquran bersamanya.” (H.R. Bukhari No. 3220)


Makan Sahur

Jangan pernah melewatkan sahur saat menjalankan puasa. Karena dalam sahur tersimpan keberkahan. Seperti yang dijelaskan dalam Hadits Nabi seperti berikut:

“Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur.” (H.R. Ahmad dari Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhu).

Masih banyak dari kita menyepelekan sahur dan melewatkannya. Padahal sahur terdapat berkah walau hanya bersahur dengan seteguk air saja.


Bersedekah

Bulan Ramadhan juga bisa kita jadikan momen untuk lebih peduli terhadap aspek Habluminannas. Selain memperbaiki hubungan dengan Allah, kita juga harus memperbaiki hubungan kita dengan sesama manusia. Salah satu caranya adalah dengan bersedekah. 

Bersedekah tidak harus berbentuk harta, tersenyum pun juga merupakan sedekah. Siapapun bisa bersedekah tidak peduli latar belakang kita. Apalagi di bulan ramadhan, amalan baik akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah.

Berpuasa

Puasa merupakan perintah Allah kepada orang-orang yang beriman. Kurang lebih 30 hari kita digembleng. Manahan rasa haus dan lapar dari mulai waktu terbit matahari hingga matahari terbenam. Bukan hanya berpuasa makan dan minum, kita juga harus bisa menjaga hawa nafsu kita.

Berpuasa bertujuan untuk mengembalikan fitrah kita yang suci seperti bayi yang baru lahir. Bahkan Allah janjikan ampunan dan kunci surga, kepada orang-orang yang tulus berpuasa. Dalam sebuah Hadits Rasulullah Bersabda :

 مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu" (HR. Bukhari Muslim)


Memperbanyak Doa

Salah amalan yang dianjurkan di bulan Ramadhan adalah berdoa. Perbanyaklah doa, perbanyak dzikir, karena bulan Ramadhan adalah waktu yang mustajab. Allah akan wujudkan doa yang kita panjatkan. Jadikan ramadhan sebagai penanda untuk memperbaiki diri. Jika sebelumnya kita jauh dari Allah, maka dengan berdoa kita bisa merasakan kedekatan kepada Rabb kita, Allah SWT. 

Seperti dalam Surat Al Baqarah ayat 186:

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)


Sholat Malam

Salah satu amalan sunnah yang bisa kita lakukan saat Ramadan adalah sholat malam. Kita adalah manusia yang berlumuran dosa, kita masih sering terlena dengan gemerlapnya dunia, kita masih sering mengedepankan hawa nafsu, tapi Allah masih menutupi aib kita tersebut. 

Di bulan Ramadhan Allah masih memberikan kesempatan kita untuk meminta ampun kepada-nya. Salah satu caranya dengan mengerjakan sholat malam. Seperti dalam sebuah hadist Rosul berikut ini:

"Barangsiapa yang salat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu." (HR. Bukhari No. 37, Muslim No. 759).

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat, mohon maaf bila ada kekhilafan.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "6 Amalan Yang Dianjurkan Di Bulan Ramadhan, Berpahala Banyak"