Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar 6 Destinasi Wisata Kota Banyuwangi Paling Mempesona 2021

Daftar Destinasi Wisata Kota Banyuwangi Paling Mempesona
Moddic - Kita patut mensyukuri atas pemberian Tuhan terhadap negeri kita tercinta Indonesia. Negeri ini memiliki banyak daerah yang mempesona dan mempunyai potensi sebagai tempat wisata berkelas internasional.

Salah satu kota di Indonesia yang layak dijadikan destinasi wisata adalah Banyuwangi. Kota yang mempunyai julukan The Sunrise of Java ini sering menjadi tempat persinggahan turis sebelum ke Bali. Padahal Banyuwangi menyimpan banyak destinasi wisata yang mempesona. Mulai dari pantai, gunung hingga situs peninggalan kerajaan.

Daftar 6 Destinasi Wisata Kota Banyuwangi Paling Mempesona 2021

Untuk mengenal destinasi wisata Banyuwangi secara lebih dekat. Berikut susunan daftarnya:

1. Kawah Ijen
Satu destinasi wisata yang harus dikunjungi saat berada di Banyuwangi adalah kawah Ijen. Indonesia patut berbangga karena kami kawah Ijen sudah ditetapkan sebagai kawasan cagar biosfer dunia oleh UNESCO. Kawah Ijen tak hanya menarik minat wisatawan lokal, banyak wisatawan asing juga jatuh cinta dengan tempat ini.

Kawah Ijen tercipta akibat letusan dahsyat gunung Ijen dimasa lalu, memiliki lebar 6 Kilometer dan mempunyai kedalaman 200 Meter. Kawah Ijen juga memiliki fenomena api abadi bernama blue fire, yang hanya terjadi saat jam 5 pagi saja. Di sini kita juga bisa melihat objek langit secara jelas karena memiliki udara yang bersih.

2. Taman Blambangan
Taman Blambangan sering dijadikan tempat berkumpul masyarakat Banyuwangi. Letaknya yang berada dipusat kota membuatnya selalu ramai didatangi pengunjung. Dulunya tempat yang memiliki luas 32.000 m2 ini merupakan sebuah alun-alun namun dialihkan fungsikan menjadi taman terbuka.
Taman Blambangan bisa dijadikan tempat wisata karena memiliki akses yang mudah dan biaya terjangkau. Taman ini menyediakan beberapa spot olahraga seperti trek lari, lintasan skateboard dan Lapangan basket. Aneka jajanan khas Banyuwangi juga dengan mudah ditemukan disini.

3. Pura Agung Blambangan
Selain destinasi wisata yang berbentuk alam, Banyuwangi juga mempunyai destinasi wisata yang berbentuk situs purbakala. Berdiri dikawasan hutan alas Purwo, berdiri sebuah pura bernama agung Blambangan. Tempat ini adalah sisa peninggalan masa pemerintahan kerajaan Blambangan.

Kita akan disuguhi dengan keindahan arsitektur pura yang mengagumkan. Kita mungkin bertanya-tanya dengan cara apa orang dulu membangun pura sebagus ini. Pura agung Blambangan bukan hanya menyedot animo wisatawan domestik, banyak juga wisatawan internasional rela merogoh kocek untuk mengunjungi spot wisata ini.

4. Waduk Sidodadi Glenmore
Bagi sahabat yang menyukai destinasi wisata yang bersifat keluarga, Banyuwangi menyediakan Waduk Sidodadi sebagai jawabannya. Sebagai spot wisata baru, waduk Sidodadi sudah menarik minat wisatawan. Diresmikan pada tahun 2016, waduk Sidodadi merupakan hasil pemaksimalan lahan yang dilakukan pemerintah kota Banyuwangi.

Dulunya tempat ini merupakan perairan perkebunan tebu, namun di maksimal fungsinya menjadi objek wisata. Waduk Sidodadi menyediakan wahana menantang seperti ATV, Kano, atau balapan. Juga tersedia kebun buah dan spot memancing. Cukup membayar tiket 5000 kita sudah mengeksplorasi destinasi wisata ini.

5. Desa Wisata Osing
Beras ditempat ini akan membuat kita lebih dekat mengenal suku Osing, suku yang sudah lama mendiami Kota Banyuwangi. Tempat ini cocok untuk melepaskan penat tentang pekerjaan atau ramainya kota. Berada di desa yang udaranya bersih di suguhi dengan hamparan sawah yang lebat, adalah nikmat tersendiri.

Saat berada disini, kita bisa melihat rumah-rumah kuno yang usianya lebih dari ratusan tahun. Setiap rumah menandakan status sosial pemiliknya. Status sosial masyarakat Osing terbagi menjadi 4 yaitu: Crocogan, Tikelbalung, Tikel dan serangan. Jangan sungkan mengunjungi tempat ini karena masyarakat Osing dikenal ramah dan senang menyambut tamu dengan tari barong dan Gandrung.

6. Pantai Plengkung
Tahukah sobat bahwa salah satu pantai dengan ombak paling menantang di dunia berada di Banyuwangi. Pantai Plengkung akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Saat berada di sana kita langsung disuguhi dengan hamparan pasir putih dan deburan ombak yang syahdu.
Pantai Plengkung merupakan surga untuk peselancar, bahkan setiap tahun diadakan perlombaan selancar berskala internasional. Pantai Plengkung memiliki garis pantai yang menyerupai huruf g ditambah dengan ombaknya yang deras membuat wisatawan tertarik mengunjunginya.

Waktu yang tepat mengunjungi pantai Plengkung adalah bulan April hingga Juni, saat ombak sedang deras-derasnya. Jika  sobat tidak ingin berselancar, masih ada panorama hutan alas Purwo yang bisa dilihat di pantai ini.

Kesimpulan
Banyuwangi bukan hanya tempat persinggahan wisatawan saat menuju bali.  pesona destinasi wisatanya mulai dari pegunungan, situs peninggalan hingga pantainya sangat layak untuk mendapatkan spot light. Bila dimaksimalkan maka bukan tak mungkin Banyuwangi akan menjadi salah satu destinasi wisata populer dunia.

Sumber gambar : Pixabay (Kawah Ijen), Phinemo (Desa Osing), Tempo (Pantai Plengkung), TempatWisata (Waduk Sidodadi), JejakPiknik (Pura Agung Blambangan)

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Isyta AK
Dipublikasikan oleh : Isyta

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "Daftar 6 Destinasi Wisata Kota Banyuwangi Paling Mempesona 2021"