Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Keutamaan Yang Dijanjikan Allah Kepada Penghafal Alquran

5 Keutamaan Yang Dijanjikan Allah Kepada Penghafal Alquran
Moddic - Sungguh nikmat yang tak terkira, kita sebagai umat muslim diturunkan Oleh Allah Al-Qur’an. Al Qur’an adalah petunjuk, mukjizat, Penenang hati dan pemberi syafaat yang diturunkan sebagai penutup dari segala kitab sebelumnya.

Al Qur’an adalah Rahmat, kita mengetahui secara utuh dari Alquran tentang syariat Islam. Allah memerintahkan kita untuk mengikuti Al Qur’an, bawalah Al Qur’an hingga akhir hayat. Kita harus membacanya, dan tak cukup sebatas itu, kita harus memahami dan mengamalkannya secara utuh.

Menghafal Al-Qur’an adalah perintah Allah untuk orang-orang yang beriman. Eksistensi Al Quran harus dijaga, jangan sampai suatu masa Al Qur’an hanya menjadi pajangan. Dalam Surah Al Ankabut ayat 49, Allah Berfirman:

بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ

"Bahkan, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata, yang ada di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu."(QS. al-Ankabut: 49).

Al Qur’an akan hidup di hati orang-orang yang berilmu, ayatnya sudah pasti kebenarannya dan terjaga kemurniannya. Allah menjanjikan banyak keistimewaan untuk orang-orang yang mau menghafal Alquran. 

Keutamaan yang Dijanjikan Allah Kepada Penghafal Alquran

Untuk lebih lengkapnya mari kita baca uraian berikut ini:

Mendapatkan Penghormatan dari Rasulullah
Dalam sebuah hadits, Rosulullah pernah meminta sahabatnya untuk berkumpul dan Rosulullah menanyakan tentang seberapa banyak para sahabatnya dalam menghafal Al-Qur’an. Ada yang baru menghafal Surat Al Baqarah, ada juga yang takut menghafal Surat Al Baqarah karena takut tidak bisa mengamalkan isinya.

Lalu apa respon Rosul ? Rosul memerintahkan sahabat-sahabatnya itu untuk banyak menghafal Al-Qur’an. Rosulullah mengibaratkan orang yang menghafalnya sebagai orang paling harum, bagai orang yang memakai minyak misik di setiap perjalanannya. Bahkan Rosul juga menghargai orang yang tertidur karena lelah menghafal Al-Qur’an.

Diberikan Mahkota yang memancar di hari kiamat
Janji Allah kepada penghafal Al-Qur’an dan tidak diberikan untuk orang lain adalah diberikan mahkota yang bersinar di hari kiamat kelak. Dalam sebuah Hadits riwayat Tirmidzi, Al Qur’an akan mengenali orang-orang yang menghafalnya ketika di dunia. Al Qur’an meminta Allah untuk memberikan mahkota kepada penghafal Alquran. Dengan mahkota itu, Allah akan permudah jalan menuju surga dan Allah juga memberikan derajat yang tinggi.

Menolong Orang tua
Hafalkan Al Qur’an sebagai bentuk bakti kita kepada Orang tua. Jikalau kita belum bisa memberikan kenikmatan yang bersifat keduniawian, jangan berkecil hati karena kenikmatan abadi yang sesungguhnya ada di akhirat kelak. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Mulai dari surat-surat pendek tiada masalah.

Karena Al-Qur’an tidak akan lupa kepada orang yang dekat kepadanya. Bahkan Al Qur’an akan memberikan keistimewaan kepada penghafalnya. Derajat orang tua penghafal Al-Qur’an juga ikut dimuliakan. Mereka akan diberikan pakaian indah dan dibukakan pintu masuk surga.

Diberikan Jaminan Surga
Segala perjuangan kita dalam menghafal Al-Quran tidak akan sia-sia. Baik pengorbanan yang bersifat lahiriah dan batiniah, Allah sudah janjikan hadiah paling indah yang tidak bisa dibayar dengan hal apapun di bumi dan langit.

Allah janjikan surga dengan pintu seluas-luasnya. Semakin banyak hafalannya, maka tingkatan surga yang dihuni juga akan semakin meninggi. Penghafal Al-Qur’an adalah salah satu orang yang akan menghuni surga firdaus.

Selalu dilapangkan Hatinya
Ketika kita sedih, galau atau merasakan emosi negatif lainnya, Jadikanlah Al Qur’an sebagai penenang hati, jangan lari ke bentuk pelampiasan yang buruk. Bacalah Al-Qur’an dengan niat yang tulus, hafalkan dan pelajari cara membacanya. 

Dalam sebuah Hadits Rosulullah bersabda:
” Dari Abdullah Bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu Dari  Nabi Shallallahu ‘alayhi wasallam Baginda bersabda: ” bacalah Al Qur’an kerana Allah tidak akan menyiksa hati orang yang hafal Al Qur’an. Sesungguhanya Al Qur’an ini adalah hidangan Allah, siapa yang memasukkannya ia akan aman. Dan barangsiapa yang mencintai Al Qur’an maka hendaklah ia bergembira.”

Kesimpulan
Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat menghafalkan Al-Qur’an. Biasakanlah menanamkan Al Qur’an di keluarga kita, karena Allah sudah menjanjikan berbagai keutamaan untuk penghafal Alquran. Seperti diangkat derajatnya, diberikan Mahkota hingga terbukanya pintu surga yang paling tinggi.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "5 Keutamaan Yang Dijanjikan Allah Kepada Penghafal Alquran"