Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa itu Insecure? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Insecure

Apa itu Insecure? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Insecure
Insecure adalah istilah psikologi yang lagi banyak diperbincangkan ditengah komunitas kesehatan mental. Latar belakang kenapa hal ini diangkat adalah karena banyak sekali orang-orang yang sedang mengalami fase quarter crisis, yang ditandai dengan munculnya rasa Insecure.

Pernahkah kamu merasa tidak aman, tidak berdaya, tidak berguna atau tidak percaya diri ? Yaps sekumpulan perasaan tersebut merupakan bentuk dari Insecure.

Kalau dalam kamus psikologi, Insecure adalah sebuah istilah yang menggambarkan perasaan inferior, menilai rendah diri sendiri dibandingkan orang lain. 
Insecure sangat banyak dialami orang, bahkan tanpa disadari Insecure bisa merubah pandangan hidup seseorang karena kepercayaan diri yang berkurang.

Baca juga:

Dampak Insecure

Dampak perasaan Insecure tidak dapat dianggap remeh. Insecure membuat seseorang tidak merasa aman, ambisi berkurang dan inferior jika bertemu orang lain. Orang yang Insecure kemungkinan besar akan membatasi komunikasi dengan orang lain terlebih bila lawan bicaranya memiliki jabatan yang lebih tinggi, memiliki fisik yang lebih good looking dan sejenisnya.

Biasanya orang yang Insecure takut dengan respon orang lain. Mereka berpikir orang akan menertawakan, mencibirnya dan hal buruk lainnya. Pemikiran seperti ini juga dipengaruhi oleh pengalaman buruk dimasa lalu.

Insecure adalah issue kesehatan mental yang perlu untuk diperhatikan. Jika kamu mengalaminya, jangan memendam masalah tersebut sendiri. Insecure harus segera diatasi, agar kualitas hidup meningkat.


Tanda-tanda Insecure

Bermasalah dalam keluar dari zona nyaman
Insecurity bisa terjadi karena pengalaman buruk dimasa lalu. Seperti dibully, dipermalukan, dan peristiwa tidak mengenakan lainnya. Hal ini terus terbayang dalam pikiran. Yang pada akhirnya membuat seseorang sulit keluar dari zona nyaman. Perasaan takut tidak bisa, takut mendapat pengalaman buruk lagi terus membayangi orang-orang yang Insecure. Hal ini tentu akan menghambat perkembangan baik psikologis, fisik dan sebagainya.

Merasa inferior dihadapan orang lain
Ciri dominan orang Insecure adalah gemar membandingkan diri dengan orang lain, selalu merasa diri sendiri lebih buruk, lebih lemah dibanding orang lain. Hal ini sering dialami orang yang masuk usia 20an di fase ini orang akan memasuki fase quarter life crisis.

Jika kamu memang mengalami hal ini. Sadari bahwa membandingkan diri dengan orang lain bukan hal yang tepat. Setiap orang mempunyai fase hidupnya yang masing-masing, tidak bisa dibandingkan satu dengan yang lain. Kamu Cuma harus yakin bahwa Tuhan menciptakan kamu dengan segudang keunikan yang bisa dimanfaatkan untuk kebahagiaanmu.

Tidak percaya diri
Akibat dari Insecure terus-terusan adalah degradasi kepercayaan diri. Insecure membunuh harapan dengan ilusi-ulusi kegagalan. Orang Insecure selalu berpikir dirinya beban dan tidak punya kemampuan. Padahal ini tidaklah benar.

Jika yang membuatmu Insecure adalah melihat postingan media sosial orang lain. Maka ada baiknya kamu melakukan filter. Ikuti akun-akun yang sekiranya menambah ide atau motivasi dan kepercayaan dirimu.

Cara Mengatasi Insecure

Belajar menghargai dan mencintai diri sendiri

Wajar memang kalau kamu khawatir merasa hidupmu tidak berjalan semestinya, kamu merasa tak seberuntung orang lain, Insecure memang akan di alami semua manusia. Tapi coba kamu pikir lagi, apa dengan terus-terusan memikirkan hal itu hidupmu akan berubah.

Kamu harus belajar berdamai dengan apa yang ada dihidupmu. Tidak selamanya apa yang kamu anggap buruk adalah hal yang merugikan. Belajar untuk mencintai diri sendiri, fokus terhadap diri sendiri. Ini adalah hidupmu sendiri bukan hidup orang lain. Cari passion atau kesibukan yang bisa mengembangkan skillmu. Dari sini kamu akan mendapatkan jawaban atas segala keinsecuran yang pernah dialami.

Stop Bandingkan diri dengan orang lain
Membandingkan-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuatmu tidak percaya dengan diri sendiri. Banyak energi hanya terbuang sia-sia karena memikirkan orang lain. Setiap orang punya fase-fasenya masing-masing. Jangan menganggap kamu sudah gagal saat semuanya belum tergapai sekarang. 

Kamu adalah juara sejak kamu dilahirkan. Untuk apa Insecure, toh semua manusia pasti memiliki kekurangan. 

Bergaul dengan lingkungan positif
Insecure sering terjadi juga karena faktor eksternal yaitu lingkungan yang toxic. Lingkungan yang tidak memberi rasa aman dan bertahan didalamnya hanya akan memperburuk kesehatan mental. 

Jangan sampai kamu berada dilingkungan seperti ini, karena sehebat-hebatnya potensimu tidak akan dihargai dilingkungan ini. Segera cari lingkungan positif yang sewaktu-waktu bisa menjadi support system, yang bisa memotivasimu saat terpuruk dan menghilangkan segala perasaan Insecure.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "Apa itu Insecure? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Insecure"