Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Ide Bisnis Ternak Lahan Sempit Minim Modal

Ide Bisnis Ternak Lahan Sempit Minim Modal
Ilustrasi Burung Berkicau
Beternak memelihara berbagai hewan seperti ayam, ikan hias, kelinci dan sebagainya memang menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Kepuasan memberi makan, melihat pertumbuhan hewan dan saat mereka berkembang biak adalah sesuatu yang membuat Kenapa berternak hewan banyak yang menggelutinya.

Namun apakah sahabat pernah berpikir, bahwa hobi ini dijadikan lahan penghasilan ? Kenyataanya beternak hewan bisa mendatangkan keuntungan. Walaupun sahabat memiliki keterbatasan lahan, bisnis ini tetap bisa digeluti. Jika ditekuni serius bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan. Termasuk untuk para karyawan yang memiliki waktu terbatas.

Ide Bisnis Ternak Lahan Sempit Minim Modal

Bagi sahabat yang masih bingung mencari ide bisnis ternak lahan sempit minim modal. Sahabat bisa membaca artikel berikut ini.

1. Ternak Burung Berkicau
Beternak burung kicau nyatanya bisa dilakukan di lahan sempit. Dulunya banyak orang berpikir bahwa akan sulit mengembang biakkan burung kicau dalam lahan terbatas. Namun hal ini mampu terbantahkan. Ada banyak jenis burung yang mampu beradaptasi dengan baik di tempat terbatas. Sebut saja seperti burung kenari, Lovebird, parkit dan murai batu.

Ternak Burung Berkicau menguntungkan karena memiliki pangsa pasar yang luas. Hampir disetiap kota ada komunitas pecinta burung. Harga burung akan semakin fantastis bila sudah menjuarai 1 turnamen. 
Bagi sahabat yang ingin terjun dibidang ini pastikan memiliki minat pada dunia burung. Karena dibutuhkan komitmen dan ketelatenan untuk menciptakan burung-burung berkualitas.

2. Ternak Ikan Hias
Bisnis modal sedikit dilahan sempit selanjutnya adalah ternak ikan hias. Banyak sekali orang memelihara ikan hias sebagai sarana pelepas penat. Melihat ikan dalam akuarium, sambil mengamati corak indahnya adalah alasan kenapa orang mau merogoh kocek demi memiliki ikan hias.

Ternak ikan hias merupakan bisnis yang aman terutama untuk pemula, karena tidak memerlukan modal yang banyak, tempat yang luas dan perawatan khusus. Terutama untuk jenis-jenis seperti ikan cupang, Guppy, komet, molly dan play. Ikan-ikan tersebut dikenal mudah dipelihara dan berkembang biak. 
Semakin unik warna yang dimiliki Ikan hias, akan membuat harganya semakin tinggi. Oleh karena itu para breeder saling berlomba-lomba mengawinkan berbagai jenis ikan hias, demi mendapatkan corak warna ikan yang baru.

3. Ternak Ayam Hias
Ayam identik sebagai hewan konsumsi, namun sebenarnya jenis-jenis ayam sangatlah beragam dan bisa dijadikan sebagai hewan hias. Ayam konsumsi dan ayam hias memiliki warna dan karakter yang berbeda. Ayam hias juga memiliki harga lebih tinggi dibandingkan ayam konsumsi.

Ternak ayam hias bisa dipraktekkan pada lahan sempit. Sahabat bisa memanfaatkan pekarangan rumah, lahan kebun dan sebagainya dalam perkembang-biakkan ayam hias. Ada banyak sekali ayam hias yang bisa dipilih seperti ayam pelung, ayam onagadori, ayam pheasant, ayam cemani dan sebaliknya.
Terlebih Ayam hias memiliki daya tahan tubuh yang tinggi dan mudah bertelur. Peningkatan akan bisnis ini juga relatif stabil. Jadi sahabat tidak perlu khawatir akan resiko kerugian yang besar.

4. Ternak Lobster air tawar
Lobster dikenal sebagai hasil laut yang lezat. Lobster sering dijadikan komposisi utama berbagai masakan seafood. Namun tahukah sahabat bila lobster bisa dikembangkan-biakkan dengan air tawar bahkan dilahan sempit ?

Lobster air tawar bisa menjadi pilihan usaha ditengah sulitnya mencari pekerjaan dan PHK Massal. Untuk langkah pertama kita perlu mencari bibit yang terbaik. Bibit jantan dan betina harus segera dikawinkan, agar cepat bertelur. Untuk mendia perkembangannya bermacam-macam. Bisa memakai aquarium, kolam terpal, atau kolam tanah.

Setidaknya dibutuhkan 3 Bibit Lobster jantan dan 5 Betina untuk memulai bisnis ini. Untuk pakannya juga mudah bisa menggunakan pelet yang bisa ditemui ditoko pancing. 
Hasil panen lobster air tawar bisa dijual di restoran seafood, dipasarkan via online dan hal lainnya. 

5. Ternak Kutu Air
Kutu air adalah hewan yang tak asing bagi pecinta hewan hias. Hewan kecil ini ternyata dimanfaatkan sebagai pakan ikan, seperti ikan cupang, Guppy dan neon Tetra. Kutu air memiliki gizi lebih lengkap dibandingkan pelet. Untuk alasan inilah, ternak kutu air sangat terbuka kesempatannya.

Tidak perlu menggunakan lahan luas untuk berternak kutu air, bisa menggunakan kotak sterofoam atau kolam bekas ikan. Kita bisa menggunakan air bekas air dan molase sebagai makanan Kutu air.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "5 Ide Bisnis Ternak Lahan Sempit Minim Modal"