Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Keuntungan dan Kelemahan Ketika Seseorang Menjadi Pengusaha

Keuntungan dan Kelemahan Ketika Seseorang Menjadi Pengusaha
Ilustrasi Pengusaha

Manusia memiliki kebebasan untuk menentukan profesi apa yang ditekuni dan salah satunya menjadi pengusaha. Titel " Pengusaha" memang sangat menggiurkan bagi sebagian orang. Pekerjaan ini mempunyai berbagai keleluasaan yang tidak didapatkan pada bidang profesi lain.

Peluang keuntungan tanpa batas, peluang fleksibelitas waktu dan peluang ekplorasi diri yang lebih luas menjadi keuntungan yang ingin dicapai saat terjun pada dunia usaha. Meski begitu menjadi pengusaha bukanlah perkara mudah ada banyak tantangan yang akan dihadapi, mental benar-benar di uji, ketidakpastian adalah teman yang harus dihadapi oleh seorang pengusaha. Namun dengan langkah-langkah yang tepat peluang untuk sukses dibidang ini sangatlah besar.

Keuntungan dan Kelemahan Ketika Seseorang Menjadi Pengusaha

Secara spesifik inilah keuntungan-keuntungan menjadi pengusaha:

Bebas mendapatkan penghasilan

Salah satu alasan kenapa banyak orang ingin jadi pengusaha karena bebas memperoleh income yang diinginkan. Jika karyawan sudah mendapatkan gaji yang diatur jumlahnya oleh perusahaan. Menjadi pengusaha membuat kita lebih leluasa memperoleh uang. Kita adalah bos untuk usaha kita sendiri. Hasil akan datang berlipat manakala usaha diterima pasar. Tidak ada patokan untuk masalah income.

 Selama kita rajin memberikan sesuatu yang berkualitas, memberikan jawaban atas kebutuhan masyarakat, maka selama itulah produk/jasa kita akan di cari dan bermuara pada jumlah income yang didapatkan. Maju atau tidaknya usaha tergantung dari kita sendiri, arah bisnis mau diarahkan kemana juga tergantung pilihan kita sendiri. Hal ini  tidak akan didapat bila bekerja sebagai karyawan, mau tidak mau kita harus menuruti perintah atasan.

Lebih leluasa Mengembangkan diri

Ada satu hal yang bisa dirasakan seorang pengusaha namun tidak bisa dinikmati ketika menjadi karyawan. Yaitu soal keluasaan mengembangkan diri. Saat menjadi karyawan kita mungkin bekerja pada bidang yang bukan passion. Kita terpaksa mengikuti segala aturan kantor yang tak sesuai keinginan dan segala pembatasan lain. 

Pengalaman berbeda akan dirasakan bila menjadi pengusaha. Kita lebih bebas untuk menjadi apa yang kita mau. Bebas memilih baju apa yang ingin dipakai, bebas memilih usaha apa yang ingin ditekuni dan kebebasan lainnya. Tidak ada atasan dan tumpukan tugas khas kantor.

Bebas melakukan hobi yang diinginkan

Menjadi pengusaha memang menjanjikan sebuah ruang bagi siapapun untuk mengeksplorasi diri sendiri. Menjadi pengusaha itu tidak sekaku bekerja di kantor. Kita bebas menetapkan durasi bekerja sendiri. Atau melakukan berbagai hobi yang sebelumnya tidak pernah dilakukan saat menjadi karyawan.

Tentu menyenangkan bila ada pekerjaan yang membuat kita mempunyai waktu untuk bersenang-senang. Menghabiskan waktu bersama keluarga, traveling ke destinasi wisata impian, semua bisa dilakukan saat jadi pengusaha. Tidak adaaturan yang mengharuskan kita bekerja dari jam 9 pagi sampai 5 Sore, tidak ada lagi aturan libur hanya di hari Minggu. 

Mental kepemimpinan akan lebih terlatih

Menjadi pengusaha tidak hanya memberikan keuntungan secara finansial, namun juga pada sisi softskill. Terjun didunia entrepreneurship membuat mental kita lebih terlatih terutama skill kepemimpinan. Kita adalah bos dari usaha kita sendiri. Meskipun kita hanya pedagang kaki lima sekalipun. 

Kita harus bisa mengambil keputusan untuk mengembangkan usaha. Kita harus berani mengambil resiko bila mana usaha mengalami masalah dan kita jugalah yang menentukan bisnis mau dijalankan seperti apa. Seiring waktu berjalan, menjadi pengusaha membuat skill kepemimpinan dan mental semakin kuat.

Kelemahan jadi pengusaha

Setiap pilihan profesi punya konsekuensi masing-masing. Punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing termasuk jadi pengusaha pengusaha. Entrepreneurship memang menawarkan income yang besar, aturan yang lebih fleksibel dan kebebasan mengeksplorasi diri namun menjadi pengusaha juga punya resiko.

Kita perlu yang namanya senjata sebelum menapaki medan perang bernama dunia usaha. Tidak ada bisnis yang tiba-tiba sukses. Kita harus tahu bahwa kita harus punya modal untuk memulai usaha. Baik modal uang, pemikiran, hingga pengalaman. Akan sangat fatal jadinya bila kita berbisnis tanpa persiapan matang. Belum tahu ilmunya tapi langsung terburu-buru mengeksekusi. Ini nantinya malah membuat bisnis kita tak berjalan lancar dan akhirnya gagal.

Menjadi pengusaha juga mengharuskan kita untuk siap menghadapi ketidakpastian. Kita harus siap bila bisnis diterima oleh masyarakat namun kita harus menerima apabila bisnis kita tak sesuai rencana. Dalam bisnis itu bisa saja hari untung tapi keesokan harinya buntung. Makanya seorang pengusaha Itu harus bermental kuat. 

Lain halnya bila kita bekerja menjadi PNS segala hajat akan ditanggung oleh pemerintah. Seperti gaji bulanan yang tetap, tunjangan tambahan, asuransi kesehatan hingga dana pensiun.

Sumber: Enterpreneurcamp.id

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "Keuntungan dan Kelemahan Ketika Seseorang Menjadi Pengusaha"