Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Waktu-Waktu Terbaik Dalam Berdoa Agar Doa Dikabulkan

Waktu-Waktu Terbaik Dalam Berdoa Agar Doa Dikabulkan

Sebagai seorang manusia yang tak sempurna, hidup kita tidak akan lepas dari Allah SWT. Kita membutuhkan Pertolongannya agar bisa hidup selamat baik didunia maupun diakhirat. Salah satu cara untuk mendapatkan pertolongannya adalah berdoa. Doa memiliki peran penting seperti bentuk komunikasi kita kepada Allah SWT, Doa Mendekatkan Hubungan Kita dengan Allah dan Doa bisa jadi perantara mujarab keinginan kita agar dikabulkan Allah.

Pada Intinya Allah pasti akan mengabulkan doa semua hambanya. Asalkan isi doa adalah kebaikan dan perlu diingat kita juga harus memperhatikan perbuatan kita, jika masih jauh dari Allah dipastikan Doa akan sulit terkabul. 

Doa juga akan lebih baik bila dilakukan pada saat-saat tertentu, dimana waktu tersebut besar peluangnya untuk Dikabulkan Allah.

Baca juga:

Waktu-Waktu Terbaik Dalam Berdoa Agar Doa Dikabulkan

Berikut Ini adalah Waktu Paling Mujarab Agar Doa Dikabulkan Allah.

Ketika Adzan Berkumandang 
Salah satu waktu paling bagus untuk memanjatkan doa adalah ketika adzan berkumandang. 

Nabi Muhammad Saw pernah bersabda :
 “Ada dua yang tidak tertolak atau jarang tertolak; Doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecambuk.” (HR Abu Daud, Baihaqi dan Hakim)

Adzan adalah seruan agar kita segera melaksanakan Sholat. Adzan juga jadi pengingat bahwasanya selama kita masih hidup, kita harus harus selalu beribadah kepada Allah SWT. Allah akan turun ke bumi dan mendengarkan doa hambanya. Dengan niat yang tulus Insyaallah hajad yang diinginkan akan segera terkabul.


Waktu Jeda antara Adzan dan Iqamah
Sebuah hadist dari Anas bin Malik menyatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Doa antara adzan dan iqamah tidak ditolak, maka berdoalah kamu” (HR Ahmad)

Hadist Shoheh ini berisi anjuran berdoa saat jeda antara adzan dan Iqamah. Tentunya ini harus dimaksimalkan. Jangan sampai kita melewatkan waktu ini dengan hal sia-sia, seperti masih sibuk dengan segala kegiatan duniawi. Saat adzan berkumandang segera ke masjid dan berdzikir. Lantunkan doa dengan penuh keyakinan. Allah pasti akan mendengar keinginan hambanya, asal kita dekat dengannya.

Baca juga:

Sebelum Shalat Wajib Berakhir
Amalan yang menjadi pondasi seorang muslim adalah sholat. Jika sholat terjaga, keimanan serta ketaqwaan kita kepada Allah juga akan terjaga. Utamanya untuk Shalat Wajib jangan sampai kita lalai dan meninggalkannya.

Karena Rosulullah pernah bersabda:

Dalam sebuah riwayat terdapat seseorang yang bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, kapan doa kita didengar oleh Allah?” Beliau bersabda, “Di akhir malam dan di akhir shalat wajib.” (HR Tirmidzi)

Pada waktu akhir sholat adalah waktu yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk berdoa. Pada waktu sebelum salam manfaatkan waktu ini untuk berkomunikasi dengan Allah. Lantunkan doa dengan penuh keyakinan. Tidak usah khawatir karena Allah akan mengabulkannya, terlebih bila doa tersebut memang sesuai dengan kebutuhan kita.

Saat Berbuka Puasa
Sesungguhnya puasa adalah salah satu amalan yang disukai Allah. Menahan Lapar dan dahaga juga hawa nafsu dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam memiliki banyak pahala yang banyak termasuk di ijabah doanya oleh Allah.

Rasulullah bersabda , “Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak.” (HR Ibnu Majah dan Hakim)

Puasa disini bukan hanya dibulan Ramadan saja tapi juga puasa yang bersifat Sunnah seperti Puasa Senin-Kamis, Daud, Syawal dan lainnya.


Saat Bersujud
Salah satu momen paling mujarab dalam berdoa adalah ketika waktu bersujud. Sujud merupakan sebuah simbol penyerahan hamba kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Sujud berarti kita mengakui 100 % bahwa Allah-lah satu-satunya Dzat pencipta Kehidupan baik di bumi dan di langit.

Sesungguhnya Rasulullah bersabda, “Saat yang paling dekat dengan Tuhannya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah doa. “ (HR Muslim)

Perbanyak Sujud seperti Sujud Syukur, Sujud Tilawah dan Sujud Syahwi. Karena di momen ini, Allah Akan mendengarkan doa hamba-hamba-Nya.

Hari Jumat
Hari Jum'at adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Bahkan keutamaan hari Jum'at sampai disabdakan oleh Rasulullah Saw.

“Rasulullah menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda, “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR Bukhari dan Muslim)

Rosulullah menyatakan bahwa Hari Jum'at adalah waktu yang pas untuk banyak-banyak menuturkan doa. Insyaallah akan lebih cepat diijabah oleh Allah SWT.

Demikian, kalau ada khilaf mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "6 Waktu-Waktu Terbaik Dalam Berdoa Agar Doa Dikabulkan"