Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menikah Itu Pasti ada Ujiannya

Menikah Itu Pasti ada Ujiannya
Ilustrasi Pernikahan / Gambar : PIRO4D dari Pixabay
Ustadz Khalid Basalamah merupakan salah satu penceramah yang videonya banyak ditonton. Terutama untuk yang sering melihat YouTube pasti tidak asing dengan nama beliau. Tentunya sebagai seorang penceramah, Ustadz Khalid Basalamah dibekali ilmu agama yang luas. Bahkan beliau pernah menuntut ilmu di universitas Islam Madinah.

Dalam setiap kajian, banyak sekali penanya yang ingin diberikan nasehat oleh Ustadz Khalid Basalamah termasuk soal pernikahan.

Menikah akan menyempurnakan sebagian agama, seperti yang dijelaskan Rosulullah dalam hadits berikut:

 "Siapa yang menikah, berarti telah melindungi setengah agamanya. Karena itu bertaqwalah kepada Allah untuk setengah yang kedua'. Ini merupakan isyarat tentang keutamaan nikah, yaitu dalam rangka melindungi diri dari penyimpangan, agar terhindar dari kerusakan. Karena yang merusak agama manusia umumnya adalah kemaluan dan perutnya. Dengan menikah, maka salah satu telah terpenuhi".

Pandangan Ustadz Khalid Basalamah Tentang Pernikahan

Pandangan Ustadz Khalid Basalamah Tentang Pernikahan
Ustad Khalid Basalamah / Tangkapan Layar Youtube Lentera Islam
Pernikahan itu bukan soal bermesra-mesraan, bukan soal yang enak-enaknya saja tapi Pernikahan adalah ritual agama yang menyatukan dua insan yang berbeda dalam sebuah ikatan. Juga lebih luas lahi menyatukan dua keluarga, dua bangsa dan negara berbeda.

Tentu lumrah bila keturunan anak cucu Adam dan hawa mempunyai perasaan cinta yang tumbuh diantara keduanya. Semakin dewasa umur manusia semakin kompleks perasaan cinta itu ada. Untuk itulah Islam menganjurkan sebuah pernikahan untuk menjembatani perasaan tersebut.

Menikah itu tidak sembarangan, bukan hanya modal cinta saja tapi juga harus memperhatikan syariat. Tidak dibolehkan sesama jenis  menikah, tidak dibolehkan manusia menikahi hewan dan tidak boleh menikah dengan keadaan terpaksa.

Niatkan Menikah Untuk Ibadah

Ustadz Khalid Basalamah juga menyamping niatkanlah menikah untuk ibadah. Menikah itu menyempurnakan agama ada banyak manfaat-manfaat yang didapatkan sepasang insan setelah menikah. Jangan menikah karena ikut-ikutan karena menikah butuh persiapan dan setiap orang punya persiapan yang berbeda. Juga jangan menikah karena gengsi, karena menikah bukan perkara cepet-cepetan, tapi perkara kematangan dan niat.

Menikah itu ibadah dan niatkan semuanya untuk Allah. Semoga dengan pernikahannya ini ada hikmahnya. Menikah itu bukti kebesaran Allah, menjadi manifestasi dari cinta sejati. Kalau niatnya betul, Insyaallah semua suka duka rumah tangga bisa dilewati.

Menikah Itu Pasti ada Ujiannya

Yang namanya pernikahan pasti ada masanya rumah tangga diuji. Dulunya harmonis jadi gonjang-ganjing, dulunya keuangannya stabil setelah menikah banyak pengeluaran. Hal-hal seperti ini akan terjadi dan kita harus bersiap. 

Ada yang mengeluh tidak suka dengan perilaku mertua, ada juga yang mengeluh sifat pasangan. Ujian-ujian seperti ini Allah turunkan karena ada maksudnya. Ujian adalah cara Allah menggali potensi seseorang. Coba bayangkan kalau hidup kita datar-datar saja pasti rasanya hampa juga tidak ada pemicu agar potensi kita keluar. Jangan takut dengan ujian, hadapi dengan keteguhan hati, karena Allah menguji seseorang sesuai kemampuannya.

Tujuan pernikahan

Ustadz Khalid Basalamah menerangkan beberapa tujuan pernikahan. Seperti untuk memenuhi kebutuhan biologis. Manusia itu punya fitrah, punya nafsu dan harus disalurkan dijalan yang benar dalam ikatan pernikahan. Pacaran itu boleh kalau sudah menikah, kalau belum itu terlarang. Dijadikan suami istri saling mencintai dan ini adalah salah satu bukti kebesaran Allah SWT.

Menikah juga punya tujuan untuk menambah keturunan. Satu-satunya jalan untuk memiliki anak adalah menikah. Tidak cukup sampai disitu, anak juga harus dirawat, disayangi dan di ajarkan kebaikan. Supaya kelak menjadi generasi yang berguna untuk keluarga, negara dan agama.

Menikah juga menjadi sarana silaturahmi, orang Batak menikah dengan orang Jawa, orang Betawi menikah dengan orang Sunda. Menikah membuat kita kenal karakter, budaya, suku dan bangsa orang lain. Bumi yang kita pijak ini luas, ada ratusan bahkan ribuan orang dewasa diferensiasi sosial bisa bersatu dalam ikatan perkawinan.

Tips Ustadz Khalid Basalamah memilih pasangan

Islam mengenal konsep ta'aruf untuk mengenal calon pasangan. Boleh memilih pasangan dari sisi fisiknya, keturunannya, hartanya tapi yang paling utama adalah melihat agamanya. Carilah suami yang membimbing yang tahu Al Qur'an dan Hadits, Carilah istri yang taat dengan suaminya. 

Jika sudah mantap dalam proses ta,aruf segerakanlah menikah. dan niatkan semuanya karena Allah SWT.

Sumber: YouTube.com/LenteraIslam ( https://youtu.be/O2VKUq7H5nk )
Gambar oleh : PIRO4D dari Pixabay

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "Menikah Itu Pasti ada Ujiannya"