Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Rekomendasi Wisata Bersejarah Terbaik Di Indonesia

Rekomendasi Wisata Bersejarah Terbaik Di Indonesia
Apa yang ada di masa sekarang ada andil dari kehidupan dimasa lalu. Untuk itulah tidak ada salahnya menginginkan sejarah. Karena Ir. Soekarno pernah mengatakan bangsa yang baik adalah bangsa yang mengenal sejarahnya.

Indonesia terbentuk dengan berbagai latar belakang masa lalu yang menyertainya. Negeri ini pernah menjadi tempat manusia purba berkembang, menjadi wilayah demokratis banyak kerajaan, hingga kisah kolonialisme penjajahan.


Meskipun peristiwa-peristiwa tersebut sudah lewat, masih ada jejak peninggalan yang masih bisa kita temui di spot-spot wisata sejarah Indonesia paling favorit.

Rekomendasi Wisata Bersejarah Terbaik Di Indonesia

Berikut ini daftar rekomendasinya:

Masjid Istiqlal

Indonesia merupakan negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Makanya tak heran bila banyak masjid berdiri dan salah satu masjid paling tersohor adalah masjid Istiqlal. Merupakan masjid terbesar di regional Asia tenggara. Bukan hanya untuk tempat ibadah, beberapa aktivitas keagamaan juga dilakukan di masjid ini, banyak juga kantor-kantor Lembaga Islam berdiri dikawasan masjid Istiqlal.

Masjid Istiqlal dimanfaatkan bisa jadi pilihan spot wisata bersejarah. Masjid yang diprakarsai oleh Ir Soekarno ini memerlukan waktu pembangunan 17 tahun dan menjadi saksi perjalanan bangsa Indonesia pasca kemerdekaan. Masjid ini juga jadi lambang toleransi agama karena letaknya yang berdekatan dengan Katedral.


Monumen Nasional

Monumen Nasional adalah manifestasi dari keberhasilan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dan salah satu spot wisata sejarah terbaik di Indonesia. Ide pembangunan monas diprakarsai oleh Ir Soekarno yang kemudian mengutus RM Soedarsono dan Frederich Silaban sebagai arsiteknya.

Monumen Nasional dibangun untuk tujuan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan. Diharapkan generasi-generasi selanjutnya bisa meneruskan cita-cita pendiri bangsa.

Monas menyediakan berbagai fasilitas seperti teropong, dan diorama perkembangan Indonesia. Untuk tiketnya Hanya dikenai 15.000 Rupiah Saja.

Gedung Sate

Jika transit ke Bandung, jangan lupa singgah ke salah satu landmarknya yaitu Gedung Sate. Dibangun dari tahun 1920, gedung ini menjadi sejarah kependudukan Belanda di kota Parahiyangan Tersebut. Gedung sate menjadi pusat pemerintahan provinsi Jawa barat. 

Tujuan awal dari pembangunan gedung sate adalah untuk perluasan daerah kekuasaan setelah Belanda berhasil menguasai Batavia. Suasana Bandung yang lebih sejuk juga menjadi pertimbangan dibentuklah spot bersejarah ini. Desain gedung sate juga menarik karena menara tengahnya ada ornamen berupa tusuk sate.


Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman merupakan salah satu masjid termegah dan punya nilai historis yang patut dipelihara generasi penerus. Masjid Baiturrahman menjadi lambang kekuatan, perjuangan, dan peradaban rakyat Aceh. Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Pada masa invasi Belanda tahun 1873, masyarakat Aceh menggunakan masjid Baiturrahman untuk benteng pertahanan.

Selain memiliki nilai historis yang tinggi, masjid ini punya daya tarik pada arsitekturnya. Disana kita bisa melihat 7 kubah dan 8 menara berdiri megah. Mengambil gaya arsitektur khas Mughal, dengan kubah hitam jadi cirinya. Masjid sangat layak dikunjungi, jika sedang mengunjungi Aceh Darussalam.

Candi Borobudur

Tak lengkap bila tak menyertakan Candi Borobudur sebagai salah satu tempat wisata paling bersejarah di Indonesia. Candi yang terletak di kota Magelang ini menjadi saksi peradaban umat Buddha Mahayana yang sempat menjadi agama Mayoritas penduduk Jawa. 

Candi Borobudur dibangun pada masa pemerintahan wangsa Syailendra pada tahun 770 Masehi dan dijadikan tempat peribadatan umat Buddha. Candi Borobudur masuk dalam daftar UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia yang harus dilindungi.

Candi Borobudur bisa dikunjungi siapa saja, dengan tiket 50.000 Per orang, akan lebih murah bila membawa 10 Orang hanya dikenakan tiket 25.000 Per orang. Kita bisa melihat begitu megahnya arsitektur candi yang notabene dibuat dengan teknologi yang belum semutakhir masa sekarang.

Kesimpulan

Indonesia itu lahir dengan syarat dengan latar belakang sejarah. Meskipun kita hidup di era modern, kita harus tetap mengetahui, mengenang dan melestarikan sejarah yang ada. Kita bisa melihat sejarah dari masjid Istiqlal, Monas, masjid Baiturrahman, candi Borobudur dan spot-spot lainnya. 

Kita harus bangga bahwa bangsa kita adalah bangsa yang memiliki peradaban yang tinggi. Bangunan-bangunan yang disebut diatas sudah sewajarnya kita lestarikan dan bisa jadi referensi wisata.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "5 Rekomendasi Wisata Bersejarah Terbaik Di Indonesia"