Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Tips Belajar Percaya Diri Di Depan Umum, Wajib Baca Sebelum Tampil!

Tips Belajar Percaya Diri Di Depan Umum
Ilustrasi Tampil Di Depan Umum
Salah satu ketakutan yang paling banyak dialami orang didunia ini adalah berbicara didepan umum. Saat melangkah kedepan panggung hormon adrenalin melonjak drastis. Ada yang merasakan debaran hebat, kaki bergetar hingga mau pingsan. Kenyataanya kemampuan publik Speaking memang tidak semudah bayangan.

Kalau kalian mengalami masalah ini pastinya sangat mengganggu dan besar kemungkinannya akan berdampak pada level percaya diri. Public Speaking adalah salah satu softskill yang diperlukan dalam berbagai bidang. Kalau kalian mahasiswa, kalian butuh kemampuan ini untuk presentasi sama halnya kalau kalian sudah bekerja, public Speaking akan membantu dalam hal negosiasi. 

Tapi jangan Khawatir karena di artikel ini akan dibahas step by step bagaimana caranya berbicara didepan umum. Simak ya.

Tips Belajar Percaya Diri Di Depan Umum

Kegugupan berbicara di depan umum berhubungan dengan tingkat percaya diri

Adalah hal yang wajar kalau kita pertama kali mencoba berbicara didepan umum dengan perasaan takut. Rasa takut ini muncul karena kita belum pernah menghadapi situasi dilihat oleh banyak orang. Belum lagi kita harus berbicara tanpa teks. Rasa takut itu sebenarnya adalah bentuk sistem pertahanan kita agar terhindar dari skenario-skenario buruk. 

Ini juga yang jadi jawaban kenapa kita overthingking sebelum maju ke depan panggung. Bahkan kepikirannya sampai berlarut-larut. Kita bisa mikir kalau akan dipermalukan orang didepan umum, ditertawakan, dimarahin guru atau lupa apa yang mau dibacarakan.

Padahal overthingking ini akan mempengaruhi performa kita saat berbicara didepan umum. Pada kenyataannya pikiran buruk yang ada dipikiran kita tidak sepenuhnya terwujud. 

Penyebab gugup berbicara didepan umum juga disebabkan karena kurangnya pembiasaan. Jadi wajar kalau orang yang baru pertama kali mencoba punya perasaan takut. Semua orang yang menghadapi situasi baru pasti mengalami hal ini juga. Termasuk tokoh-tokoh public Speaking yang sudah punya pengalaman.

Sebenarnya Berbicara didepan umum bisa dipelajari oleh semua orang. Kita semua bisa berbicara dan agar mencapai titik enjoy kita berada di keramaian perlu adanya latihan, perlu adanya pembiasaan dan jangan lupa untuk meminta feedback dari orang yang  lebih berpengalaman.

Cari Tahu Sesuatu yang membuat kita rileks

Berbicara di depan umum bisa dilakukan dengan perasaan kita yang rileks. Kita harus menyingkirkan rasa takut dan ketidakpercayaan diri. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan rileks adalah mengenali diri sendiri. Cari tahu apa saja yang bisa menenangkan perasaan kita. Setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang sebelum naik panggung mendengarkan musik dulu. Karena musik bisa mempengaruhi mood.

Ada juga yang punya kebiasaan Berbicara didepan cermin untuk meningkatkan kepercayaan diri. Kalau kita kenal sesuatu yang membuat kita enjoy tentu akan lebih mudah untuk berbicara didepan umum. 

Kenali Audience

Langkah selanjutnya agar lebih percaya diri berbicara didepan umum adalah mengenali audience. Kita perlu untuk tahu siapa yang kita ajak bicara. Berbicara dengan anak-anak tentu berbeda dengan berbicara dengan orang dewasa. Hal ini dilakukan agar kita lebih bisa menguasai panggung. Cari topik-topik yang dekat dengan lawan bicara. Kalau anak muda biasanya akan lebih tertarik dengan topik-topik Kekinian selingi juga dengan humor agar kita mendapatkan respon yang baik dari audience.

Mengenal siapa pendengar kita tentu akan meminimalisir suasana garing saat kita bicara. Ini juga akan membuat tingkat percaya diri Meningkat. Seiring dengan jam terbang tentu pengalaman berbicara didepan umum akan lebih baik dari waktu ke waktu.

Terus Berlatih

Latihan adalah langkah yang harus dilakukan agar kemampuan berbicara didepan umum terus membaik. Langkah pertama mungkin akan membuat kita gugup. Takut tidak mendapat respon, takut gagal dan sebagainya. Tapi ini tidak boleh jadi alasan untuk berhenti. Terus beranikan diri untuk berbicara. Perdalamilah ilmu-ilmu tentang public Speaking. Perbaiki intonasi, gesture dan mimik dan lebih baik lagi ikut komunitas publik Speaking. Nantinya kita bertemu mentor dan mendapatkan saran-saran yang tepat untuk berbicara didepan umum.

Seiring waktu pikiran akan lebih tenang, lebih rileks dalam menghadapi suasana keramaian. Adapun bila kita gagal. Kita harus belajar menerimanya. Menerima gagal dan belajar memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dimiliki. 

Publik Speaking bisa dilakukan semua orang asal mau berusaha. Semoga artikel ini bermanfaat.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "4 Tips Belajar Percaya Diri Di Depan Umum, Wajib Baca Sebelum Tampil!"