Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Tips Memilih Jodoh Berdasarkan Kepribadian

Tips Memilih Jodoh Berdasarkan Kepribadian
Ilustrasi Jodoh
Menikah merupakan salah satu fase paling penting dalam perjalanan hidup manusia. Setelah beranjak dewasa, kebutuhan biologis seperti Ingin di cintai dan ingin menjaga keturunan semakin kuat. Segala kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan adanya pernikahan. 

Harapannya tentu ikatan pernikahan Berjalan lancar. Proses sakral ini seyogyanya dilakukan 1 kali seumur hidup. Baik mempelai laki-laki dan perempuan bisa menyatu secara utuh, menerima segala kelebihan dan kekurangan masing-masing dan hanya bisa dipisahkan dengan kematian.

Tentunya agar pernikahan berhasil diperlukan adanya penyesuaian. Menurut beberapa ahli psikologi ternyata presentase kecocokan pasangan besar dipengaruhi karena kepribadian. Lalu jenis kepribadian apa saja yang cocok jika dipertemukan dikursi pelaminan ? Silakan baca Artikel ini.

4 Tips Memilih Jodoh Berdasarkan Kepribadian


Kepribadian sangat berpengaruh dalam keharmonisan rumah tangga. Menikah itu ibadah ada tujuan mulia yang diharapkan. Tapi dalam perjalanannya akan ada banyak gelombang, akan ada terpaan badai yang menguji ikatan pasangan suami istri. Mustahil keharmonisan bisa terwujud bila tidak ada yang namanya kecocokan. Chemistry yang kuat antar pasangan bisa dibentuk karena adanya kesesuaian kepribadian masing-masing. Memang menikah itu perlu cinta tapi cinta juga bisa pudar kalau tidak ada saling pengertian.

Tipe Kepribadian Orang Yang Tegas

Orang yang tegas biasanya memiliki gaya bicara yang blak-blakan, memiliki volume suara yang keras dan sangat mendominasi. Orang yang tegas dalam istilah psikologis merujuk pada kepribadian sanguinis. Dalam masalah rumah tangga kepribadian ini cenderung lebih cocok berhubungan dengan pasangan yang terbuka. 

Orang sanguinis dominan kurang cocok bila berhubungan dengan orang pendiam dan sensitif. Resiko terjadinya percekcokan sangatlah tinggi bila keduanya disatukan. Orang sanguinis mungkin tidak akan sabar menghadapi sifat tertutup orang pendiam. Orang berkepribadian tegas cenderung ingin pasangannya juga blak-blakan namun hal ini tidak bisa dilakukan oleh orang pendiam. Karena ia butuh dipancing dulu agar mau bicara.

Orang berkepribadian tegas disarankan memilih pasangan ekstrovert yang memiliki karakter yang lebih terbuka dan easy going. Karena kedua kepribadian ini cenderung saling mengerti satu sama lain.

Untuk sahabat yang memiliki kepribadian dominan dan tipe orang yang serius disarankan juga jangan memilih pasangan yang terlalu sering bercanda. Ini bisa jadi masalah nantinya. Bisa saja ada salah paham ketika pasangan melontar humor. 

Lalu orang serius cocoknya dengan siapa ? Orang serius bisa disandingkan dengan orang plegmatis yang memiliki kepribadian pendamai. Orang plegmatis bisa mencairkan suasana dan mengerti kepribadian orang yang cenderung kaku.

Tipe Kepribadian Tertutup dan Sensitif

Orang dengan kepribadian tertutup dan sensitif dalam dunia psikologi disebut sebagai introvert. Cirinya adalah tidak banyak bicara, dominan pemalu dan suka menyimpan perasaan. Orang dengan kepribadian seperti ini akan cocok disandingkan dengan orang berkepanjangan sanguinis moderat.

Orang sanguinis moderat tidak sekaku orang sanguinis dominan. Ia memiliki kemampuan mencairkan suasana karena suka melontarkan humor. Jika orang pendiam memiliki pasangan seperti ini bisa mengurangi sifat ketertutupannya.

Orang pendiam butuh sekali orang yang bisa membuatnya bicara dan hal ini bisa dilakukan oleh orang sanguinis moderat. 

Orang berkepribadian plegmatis juga memiliki kecocokan yang bagus dengan orang pendiam. Orang plegmatis memiliki kepekaan sehingga bisa menangani kesensitifan orang pendiam.

Tipe Kepribadian Sanguinis Moderat

Orang sanguinis moderat memiliki kepribadian yang terbuka, ekspresif dan suka bercanda. Mereka juga kadang agresif dalam mencari pasangan. Orang sanguinis moderat sebenarnya cocok dijodohkan dengan banyak kepribadian seperti plegamatis dan melankolis. Bahkan sesama sanguinis moderat juga cocok bila melangkahkan ke jenjang pernikahan.

Orang sanguinis moderat bisa bersama asal keduanya bisa lebih beradaptasi. Di saat momen serius misalnya orang sanguinis moderat harus bisa mengendalikan bicaranya agar tidak berlebihan dalam bercanda. 

Tipe kepribadian Plegmatis

Orang plegamatis adalah seorang pendamai, peka dan dikenal memiliki tingkat kecocokan yang tinggi dengan berbagai kepribadian. Orang sekaku sanguinis dominan akan nyaman bersama dengan orang plegmatis begitu juga sebaliknya. Sifat dominan akan melunak bila dihadapi dengan orang yang suka
Mengalah dan ini dimiliki oleh orang plegmatis. 

Kemampuan adaptasi orang plegmatis juga akan cocok bila berpasangan dengan orang melankolis. Perhatian dari orang plegamatis akan dibayar dengan komitmen yang dimiliki orang melankolis

Apakah orang plegmatis bisa menikah dengan orang sanguinis moderat ? Tentu iya keduanya memiliki presentase yang bagus untuk harmonis dalam kehidupan rumah tangga.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Isyta AK
Dipublikasikan oleh : Isyta AK

Anda mungkin menyukai ini :

Belum ada komentar untuk "4 Tips Memilih Jodoh Berdasarkan Kepribadian"